Mau Wisata Ke Bulan? Ini Biaya yang Harus Dikeluarkan

Keinginan untuk bisa menjelajahi luar angkasa nampaknya kini tidak akan menjadi angan semata. Sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang teknologi dan robotik asal Amerika Serikat menawarkan paket perjalanan luar angkasa ke Bulan.

Perusahaan bernama Moon Express tersebut menjual paket perjalanan ke bulan dengan harga US$ 10 ribu atau setara dengan Rp 133 juta.

Pendiri Moon Express Naveen Jain mengungkapkan, keinginan tersebut akan diwujudkan pada sepuluh tahun mendatang. Melansir Telegraph.co.uk, Selasa (6/12/2016) di tahun 2017 nanti, Moon Express rencananya akan menerbangkan pesawat tanpa awak ke bulan sebagai percobaan akan misi yang lebih besar.

“Awalnya biaya untuk pergi ke Bulan sekitar US$ 25 miliar. Misi kami ke Bulan tahun depan menjadi US$7 juta, dan tahun ke tahun setelah itu biayanya pun akan terus menurun. Sepuluh tahun ke depan, kami perkirakan biaya ke Bulan hanya menjadi US$ 10 ribu,” tutur Jain.

Moon Express merupakan perusahaan swasta pertama yang mendapat persetujuan pemerintah Amerika Serikat untuk menjalankan misi ke Bulan. Keinginan Naveen Jain ini bermula dari kepercayaannya bahwa manusia harus berkoloni di tempat lain selain bumi agar bisa bertahan hidup.

“Kita belajar banyak dari dinosaurus. Mungkin bisa bertanya ke mereka akan apa yang seharusnya bisa dilakukan kalau tau ada asteroid yang akan menabrak bumi,” jelasnya.

Ia menilai, apabila misi ini berjalan sukses maka perjalanan ke bulan akan mengubah kebiasaan berlibur orang pada umunya. Selain mengajak orang berlibur, Jain juga memiliki keinginan untuk mengembangkan kolonisasi manusia di Mars.

Moon Express telah menghabiskan modal besar untuk misinya. Pesawat untuk digunakan ke luar angkasa menghabiskan dana sekitar US$ 5 juta. Dalam lima tahun, Naveen juga menghabiskan US$ 2 juta untuk aneka perlangkapan yang dibutuhkan.

Selain Moon Express, ada beberapa perusahaan lain yang menawarkan perjalanan wisata ke antariksa. Mulai dari Boeing, SpaceX, hingga Virgin Galactic.

(sumber:Liputan6)