Magis dan Memesona, Air Terjun ‘Biru’ Asli Indonesia Ini Menunggumu untuk Datang

Apa yang akan kamu bayangkan kalau mendengar kata ‘air terjun’? Oke, coba kami tebak. Kalau tidak lokasinya yang berada di dataran tinggi, airnya jernih, dingin, dan pemandangan hijau di sekelilingnya. Selebihnya, air terjun adalah tempat yang tepat untuk berburu foto untuk diposting di Instagram atau akun sosial media yang kamu miliki.

Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, air terjun juga memiliki pesona lain. Pesona itu berupa aliran air berwarna biru dan kehijau-hijauan setelah air jatuh ke bawah. Kalau diamati sekilas, kolam air itu mirip sekali dengan air laut meski letaknya di atas gunung. Yuk, simak air terjun dengan air berwarna biru apa saja yang ada di Indonesia.

 

1. Air Terjun Nglirip – Tuban, Jawa Timur

Air terjun pertama yang akan kita bahas adalah Nglirip yang terletak di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Tuban. Dari pusat Kota Tuban, kamu bisa melakukan perjalanan sejauh 30 kilometer menuju lokasi yang letaknya di daerah pegunungan. Pengunjung yang ingin datang ke sini disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena akses dengan kendaraan umum masih sangat terbatas.

11.jpg

Air terjun Nglirip memiliki ketinggian hingga 40 meter. Air yang keluar ke air terjun ini berasal dari mata air yang terletak di Hutan Kerawak tidak jauh dari sana. Pengunjung yang datang ke air terjun ini bisa menyaksikan air yang warnanya jadi biru kehijau-hijuan secara alami seperti air laut. Oh ya, warga sekitar air terjun ini percaya kalau mandi di air yang sangat segar itu bisa membuat pengunjung enteng jodoh. Hayo, mau coba enggak?

 

2. Air Terjun Dua Warna  – Sibolangit, Sumatra Utara

Air terjun dengan warna biru selanjutnya ada di kawasan Sibolangit, Sumatra Utara. Air terjun dengan nama Dua Warna ini memiliki gradasi warna yang sangat indah. Air yang baru saja turun dari atas berwarna bening. Namun, begitu sampai ke kolam penampungan airnya  berubah menjadi biru yang sangat indah hingga membuat banyak pengunjung ini mencebur ke dalamnya.

22

Kalau kamu ingin datang ke kawasan air terjun ini, siapkan mental dan tenaga. Pasalnya, kamu harud mendaki cukup jauh dan melewati hutan sebelum akhirnya sampai ke sini dengan selamat. Air Terjun Dua Warna adalah ikon pariwisata dari Sibolangit meski pada medio 2016 lalu banjir bandang pernah menghantam kawasan ini dengan cukup parah.

 

3. Kedung Pedut – Kulon Progo, Yogyakarta

Yogyakarta tidak hanya menyimpan pesona budaya dan sejarahnya saja. Di kawasan barat, khususnya di Pegunungan Menoreh ada satu air terjun yang memiliki aliran warna biru tosca meski tidak terlalu besar. Bahkan, saat aliran air itu menjadi sungai kecil, warna itu tidak cepat memudar sehingga layak untuk diabadikan di dalam kamera untuk kenang-kenangan.

33

Kedung Pedut terletak di kawasan Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Kalau kamu ingin datang ke sini, gunakan kendaraan pribadi karena aksesnya cukup sulit. Seperti halnya dengan Air Terjun Dua Warna, kamu juga harus menembus hutan selama 20 menit sebelum akhirnya sampai di air terjun yang dikelilingi oleh bukti tinggi yang menghijau.

 

4. Air Terjun Telaga Warna – Ampel Gading, Malang

Disebut ‘telaga warna’ karena air yang ada di bawah air terjun ini memiliki gradasi warna yang unik dari bening hingga biru kehijau-hijauan. Perpaduan warna ini membuat membuat air terjun ini ramai dikunjungi oleh banyak orang terutama mereka yang menyukai penjelajahan dan pendakian di lokasi yang masih baru.

44

Air Terjun Telaga Warna terletak di Kawasan Ampel Gading, Malang bagian selatan. Untuk sampai ke sana, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil yang bisa diparkir 100 meter dari lokasi. Oh ya, perjalanan menuju ke air terjun ini cukup melelahkan meski akhirnya kamu akan disambut pemandangan yang sangat magis.

Inilah empat air terjun dengan warna biru yang ada di Indonesia. Kalau kamu ada waktu panjang, yuk traveling ke sini. Sayang banget loh kalau tidak menikmatinya dengan mata dengan sendiri. Serius!

Sumber : travelingyuk.com