Laga Persahabatan Untuk Chapecoense: Brasil Tundukkan Kolombia

Rio de Janeiro – Tim nasional Brasil berhasil menekuk Kolombia 1-0 dalam sebuah partai persahabatan, pada Kamis (26/1/2017) pagi tadi. Laga yang digelar di Stadion Nilton Santos, Rio de Janeiro tersebut merupakan aksi sosial untuk klub Chapecoense.

Satu-satunya gol tercipta melalui sundulan penyerang Seleção, Dudu pada menit 47 di babak kedua. Pertandingan ini tidak masuk kalender FIFA, maka kedua tim berisikan mayoritas pemain di liga domestik.

Brasil dipimpin langsung oleh kaptennya Robinho, yang telah mencatatkan 99 caps sejak 2003 silam. Sejak dilepas AC Milan pada 2015, dia sempat merumput ke Liga Tiongkok bersama Guangzhou Evergrande dan kembali ke Brasil bersama Atlético Mineiro.

Sebanyak 1,2 juta Real Brasil atau lebih dari Rp 5 miliar berhasil dikumpulkan usai pertandingan untuk korban pesawat jatuh di Kolombia. Kecelakaan pesawat berjenis British Aerospace (BAE) 14 ini menewaskan 71 orang, yang kebanyakan merupakan pemain dan staf klub sepak bola Chapecoense.

Pada 28 November 2016 lalu, pesawat dengan nomor penerbangan LMI2933 mengangkut tim utama Chape ke Medelin, Kolombia untuk melakoni leg pertama final Copa Sudamericana. Rencananya, tim ini akan melawan Atletico Nacional dua hari setelahnya.

Nahas, dari total 81 penumpang, hanya enam yang berhasil diselamatkan dari kecelakaan pesawat ini. Belakangan diketahui bahwa angkutan udara tersebut kehabisan bahan bakar sebelum mencapai lokasi pendaratan.