Kreatif, Pria Ubah Ban Bekas Jadi Karya Seni Megah

Ban merupakan komponen kendaraan yang teramat penting, tanpa adanya ban, kendaraan seperti mobil atau motor tidak akan dapat berjalan. Namun ban juga memiliki batas pemakaian, setelah jangka pemakaiannya habis, pastilah ban tersebut akan menjadi barang bekas.

Namun ternyata, ada seorang seniman asal California, Amerika Serikat, Blake McFarland (28) yang memanfaatkan ban ban bekas tersebut. Ia mengubah ban yang sudah tidak terpakai, untuk kemudian dimanfaatkan menjadi sebuah karya seni patung yang mengagumkan.

Patung-patung yang dibuat oleh McFarland nampak begitu hidup, seperti patung hewan yang biasa dibuat olehnya. Ia menciptkan definisi otot pada patungnya dengan begitu teliti, hal inilah yang membuat setiap karyanya nampak hidup.

Setiap ban bekas yang ia daur ulang menjadi karya seni patung, membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk menyelesaikan dan menciptkan bentuk patung dengan luar biasa rinci. Dengan menggunakan 100% ban bekas yang didaur ulang, ia mengklaim karya seni ciptaannya sangat ramah lingkungan.

Blake lahir dan dibesarkan di San Jose, California, dan ia merasa bangga karena beberapa karya seninya sudah dipamerkan di galeri kesenian lokal. Awal mulanya, Blake bukanlah seorang seniman pembuat patung, ia merupakan atlet bisbol profesional yang tergabung di tim bisol Toronto Blue Jays pada 2011. Semasa sekolah, Blake termasuk siswa yang unggul dalam mata pelajaran atletik, ia pernah menerima beasiswa untuk San Jose State University agar dapat bergabung dengan tim bisbol universitas tersebut.

Awal mula Blake jatuh cinta dengan dunia seni adalah saat ia memulai untuk melukis dengan menggunakan cat akrilik. Ia terus menerus memperluas kemampuan seninya, hingga suatu ketika ia terinspirasi gerakan “Go Green” pada 2013. Hal tersebutlah yang membuat dirinya terpanggil untuk mulai menekuni seni patung menggunakan ban bekas. Blake berpendapat, bahwa seni patung dari ban bekas tidak hanya harus menarik secara visual, namun juga harus ramah lingkungan.

Saat ini Blake tinggal di San Jose bersama istrinya Jessica, di mana ia menikmati waktu bersama keluarga dan teman-temannya. Ia juga masih melakukan beberapa kegiatan lain seperti, berselancar, berlatih bisbol, dan mengejar masa depannya di dunia artistik patung dengan menggunakan bahan dasar ban bekas.

Penulis:

Soyid Prabowo

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Sumber : liputan6