Komnas HAM: Intoleransi Persoalan Serius Di Negara Ini

Ilustrasi Toleransi Umat Beragama

Liputansaku.com, Jakarta Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menilai masalah intoleransi sebagai persoalan serius bagi bangsa ini. Koordinator Desk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (KBB) Komnas HAM, Jayadi Damanik mengaku khawatir konflik antarumat beragama bisa terjadi jika tidak segera ditindak.

“Ini persoalan sangat serius di negara ini. Ke depan intoleransi masih akan ada dan tumbuh subur di Indonesia,” tandas Jayadi dalam diskusi bertajuk Bincang Perdamaian di Gedung Balai Kartini, Jakarta, Kamis (5/1/2017).

Menurut dia, kelompok-kelompok intoleransi lebih dominan tumbuh di kawasan perkotaan daripada pedesaan.

“Intoleransi lebih subur di perkotaan dari pedesaan. Saya tidak tahu faktornya apakah faktor teknologi dan segala macamnya,” kata Jayadi.

Dia mengingatkan kelompok intoleransi sudah ada sejak dulu. Namun kini, kelompok tersebut semakin berani melarang kegiatan kelompok kepercayaan yang berbeda.

“Yang sangat serius sekarang tempat ibadah. Yang kedua melarang dan manghadang kegiatan beragama,” ujar Jayadi. Oleh karena itu, lanjut dia, masalah ini harus segera ditangani.

 

 

 

Liputan6.com