Kisah Wrigley, Sales Sabun yang Jadi Miliarder Permen Karet

William Wrigley Jr. lahir di Philadelphia, Pennsylvania pada 30 September 1861. Ia lahir di puncak Perang Saudara dari pasangan William dan Mary A. Ladley.

Ayahnya merupakan pendiri dan presiden direktur dari Wrigley Manufacturing Company. Produk utama perusahaan Wrigley adalah sabun gosok.

Wrigley Jr. yang tertarik pada bisnis ikut terjun pada usaha ayahnya. Pada usia 13 tahun, ia menjadi salesman sabun untuk ayahnya. Ia menjual sabun dalam keranjang di jalanan Philadelphia.

Pada tahun 1891, saat berusia 30 tahun, ia pindah ke Chicago bersama anak-istrinya dan membuka cabang baru perusahaan. Di sana, ia menyadari bahwa permen karet yang ditawarkan bersama sabun yang ia jual, lebih disukai orang-orang.

Pada tahun 1893, ia meninggalkan industri sabun dan memasuki usaha permen karet. Karena bisnis permen karet sangat kompetitif di akhir 1800-an, Wrigley Jr. menghabiskan lebih dari satu juta dolar setahun untuk iklan.

Melansir dari Thevintagenews, Selasa (29/11/2016), pada tahun 1907, selama depresi ekonomi, Wrigley Jr. menunjukkan bahwa ia siap untuk mengambil risiko. Ia menggadaikan segala yang ia punya untuk meluncurkan kampanye iklan besar-besaran.

Perjudian itu terbayar setahun berikutnya. Penjualan perusahaan itu melonjak dari 170 ribu dollar Amerika Serikat, menjadi tiga juta. Segera, Wrigley menjadi produsen permen karet terbesar di dunia.

Perusahaan ini pun telah mendirikan pabrik lain di Kanada, Australia, Inggris, dan Selandia Baru. Wrigley Jr. meninggal pada 26 Januari 1932 di usia 70 tahun. Usahanya kini dijalankan oleh anak-anaknya.

(sumber:Liputan6