Kelola Sampah Jadi Bernilai ala Makassar

Jakarta – Kota Makassar, Sulawesi Selatan bisa menjadi contoh bagi kota atau daerah lain dalam hal pengelolaan sampah. Sampah oleh Pemerintah Kota Makassar yang kini dipimpin Wali Kota Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto itu menjadi sesuatu yang berguna dan bermanfaat.

Danny turut berbagi gagasan dengan menjadi narasumber dalam bertajuk “Mencari Alternatif Solusi Pengelolaan Sampah Perkotaan” di kawasan Jakarta Selatan, Senin (6/3/2017).

Danny pada kegiatan menjadi narasumber bersama beberapa narasumber lainnya dari Indonesian Solid Waste Association serta Kementerian Lingkungan Hidup di hadapan berbagai organisasi dan perusahaan yang bergerak di bidang persampahan.

Kabag Humas Pemkot Makassar Firman H. Pagarra menambahkan Makassar dengan segala keterbatasan mampu mengelola sampah dengan baik. Pemkot Makassar lewat programnya berhasil mengelola sampah menjadi sesuatu yang bernilai.

Program-program pengelolaan sampah itu, di antaranya adalah program Bank Sampah, Sampah Tukar Beras, TPA Bintang Lima, dan program strategis lainnya. Program sampah ala Wali Kota Makassar itu yang perlu dilakukan daerah lain.

“Prinsip kita sampah akan menjadi sampah apabila tidak diangkut, diangkat, dan tidak diolah. Namun, ia bisa bernilai ekonomis, serta tidak akan menjadi sampah apabila masyarakatnya tahu memperlakukannya, setidaknya membuang sampah pada tempatnya,” kata Firman.

sumber : liputan6