Kekaguman Lia Mustofa Pada Keindahan Alam Tercermin dalam Busana Rancangannya

Keindahan alam tampaknya masih membawa banyak pengaruh terhadap rancangan desainer senior, Lia Mustofa.

Dalam beberapa rancangannya, Lia tak sungkan untuk berbagi pengalaman dan misinya terhadap pelestarian alam.

Sebagai seorang adventurer, Lia tidak jarang menantang dirinya untuk menaklukkan gunung di Indonesia.

Pengalamannya dalam menikmati keindahan alam dari atas gunung tersebut sempat menjadi inspirasinya dalam menciptakan Batik Mozaik.

“Misinya agar masyarakat mencintai lingkungan dengan beli produknya, dengan membeli masyarakat sudah membantu mengenalkan lingkungan. Dengan mengenal, akan tumbuh rasa kepedulian untuk melestarikannya,” papar Lia.

Begitu pula saat menciptakan motif Batik Gedangsari, Lia terinpirasi dengan eksistensi pohon jati yang berada di desa di Gunungkidul tersebut.

Dalam motif tersebut, Lia berusaha mengungkapkan bahwa setiap pohon jati yang ditebang harus diganti dengan penanaman bibit pohon jati yang baru.

“Alam ini begitu dekat dengan kita. Pohon jati misalnya, butuh waktu lama untuk bisa ditebang atau dimanfaatkan,” bebernya.

Sebagai seorang desainer, Lia Mustofa sempat tertantang untuk mengembangkan motif tikar Natuna.

Untuk mencapai Natuna tentunya tidak mudah, karena ia harus menempuh perjalanan laut berjam-jam lamanya.

Sesampainya di lokasi tujuan, ia mencari tikar yang langka kemudian mengembangkan tikar tersebut agar bisa terus lestari.

“Memang tidak semua desainer mau menempuh perjalanan panjang seperti ini, namun semua ini didorong oleh jiwa petualang saya dan rasa ingin melestarikan budaya Indonesia, tutupnya.

Sumber : tribunnews