Keistimewaan Ben Woodburn Berikan Dilema buat Klopp

Ben Woodburn, pemain muda Liverpool. thisisanfield.com

Liputansaku.com, Jakarta – Juergen Klopp, 49 tahun, punya pekerjaan sulit. Pangkal soalnya adalah kemunculan Ben Woodburn, striker muda Liverpool yang mencetak gol kedua ke gawang Leeds United dalam pertandingan babak perempat final EFL Cup, Rabu dinihari, di Anfield. Kemenangan 2-0 itu membuat The Reds lolos ke babak semifinal.

Woodburn memang teramat istimewa. Anak muda yang lahir di Cheshire, Inggris, 15 Oktober 1999, ini membuat sebuah rekor baru dalam sejarah klub yang bermarkas di Stadion Anfield itu. Woodburn menjadi pencetak gol termuda Liverpool saat usianya menginjak hitungan 17 tahun 45 hari atau lebih muda 99 hari dari pemegang rekor sebelumnya, Michael Owen.

Kehadiran Woodburn tentu menyajikan dua hal sekaligus buat Klopp. Di satu sisi, dia senang tak kepalang akan kegemilangan anak didiknya itu. “Tugas saya adalah membantu anak muda ini sehingga ia bisa menjadi yang terbaik,” katanya.

Di sisi yang lain, Klopp justru khawatir munculnya Woodburn membuat media-media di sana kemudian mengeksposnya secara berlebihan. “Tugas lainnya adalah menjauhkannya dari publik sebisa mungkin.”

Woodburn bak meteor. Produk asli Akademi Sepak Bola Liverpool ini bermain di Piala FA Youth. Saat umurnya masih 15 tahun, dia sudah diajak bermain untuk tim U-18.  Bakatnya yang bagus membuatnya masuk program “Futures Group”. Dia pun mengikuti latihan bersama pelatih tim pertama Pep Lijnders seminggu sekali.

Saat itulah, aksinya tercium Klopp. Beberapa kali dia diturunkan dalam pertandingan uji coba. Dalam laga pramusim lalu, dia ikut bermain saat Liverpool mengalahkan Tranmere Rovers, 1-0.  Lalu, dia ikut mencetak gol ketika membantai Fleetwood Town, 5-0.

Kontrak profesionalnya pun baru diteken pada 8 November lalu. Bersama Trent Alexander-Arnold. Debut seniornya diberikan Klopp pada 26 November lalu, ketika diturunkan sebagai pengganti Georginio Wijnaldum, di ujung pertandingan ketika Liverpool mengalahkan Sunderland, 2-0.  Beberapa hari kemudian, dia mencetak sejarah di Liverpool.

Nah, sepak bola di Inggris bukan soal di lapangan. Kehidupan bintang—tak terkecuali yang baru bersinar—tak akan lepas dari terkaman media di sana. Benar kata Klopp, anak muda ini harus dijaga dan dirawat dengan baik agar tak seperti bintang yang cepat redup.

Pencetak Gol Termuda Liverpool
Ben Woodburn 17 tahun 45 hari
Michael Owen 17 tahun 143 hari
Jordan Rossiter 17 tahun 183 hari

 

 

 

 

 

 

tempo.co