Ke Mana Koin-Koin yang Dilempar ke Trevi Fountain?

Pernah melempar koin ke Trevi Fountain? Air mancur paling tersohor di Roma, Italia, tersebut telah menjadi salah satu destinasi favorit para turis mancanegara. Mengunjungi Trevi Fountain tidak lengkap tanpa melempar koin ke dalam kolam airnya. Ada mitos yang berkembang bahwa jika Anda berdiri membelakangi air mancur tersebut dan melemparkan sebuah koin dengan tangan kanan dari bahu kiri, Anda dijamin akan kembali ke Roma.

Jika Anda melempar koin untuk kedua kali, maka Anda akan mendapatkan cinta sejati. Dan koin ketiga yang Anda lempar adalah harapan agar asmara Anda berakhir dalam pernikahan.

Seperti dilansir dari laman travelandleisure.com, Selasa (22/11/2016), setiap hari ratusan turis melakoni kegiatan melempar koin tersebut di Trevi Fountain meskipun sudah ada aturan yang melarangnya. Tahukah Anda berapa jumlah koin yang dilemparkan ke air mancur tersebut dalam seminggu? Tidak tanggung-tanggung. Jumlah nilainya mencapai 15 ribu dolar per minggu atau kira-kira setara Rp 200 juta lebih. Dan dalam setahun bisa mencapai hampir 1 juta dolar atau Rp 13 miliar.

Lalu dikemanakan tumpukan koin tersebut? Ternyata setiap harinya lembaga amal Roman Catholic Charity menyapu koin-koin yang mengendap di dasar kolam tersebut. Dibutuhkan waktu selama satu jam untuk mengumpulkan semuanya. Koin-koin itu lalu disumbangkan ke orang-orang miskin yang membutuhkan. Lembaga amal tersebut juga pernah membuka pasar murah pada tahun 2008 dengan dana hasil pengumpulan koin dari Trevi Fountain.

Di tempat lain, air mancur Bellagio di Las Vegas, Amerika Serikat, yang juga punya mitos dan tradisi melempar koin mengumpulkan senilai 12 ribu dolar atau setara Rp 170 juta setiap tahunnya. Butuh sebuah vacuum cleaner khusus dan super besar untuk mengumpulkan koin-koin tersebut.

Menurut Review Journal, koin-koin tersebut disedot lalu ditempatkan di mesin pengaduk yang diberi banyak handuk agar koin-koinnya kering dan bersih. Seperti halnya di Trevi Fountain, koin-koin yang dikumpulkan dari air mancur Bellagio didonasikan ke lembaga nirlaba semisal Habitat For Humanity.

Sedangkan air mancur di Mall of Amerika di Minnesota meraup 2 ribu dolar atau Rp 27 juta dalam sebulan, yang juga disumbangkan untuk kegiatan amal. Air mancur di Disney World meraih jumlah 18 ribu dolar atau setara Rp 250 juta pada tahun 2014, yang semuanya didonasikan untuk anak-anak panti asuhan. Sementara air mancur di Bryant Park di New York mengumpulkan sekitar 34 ribu dolar atau sekitar Rp 455 juta dalam setahun. Uniknya koin-koin di Bryant Park tersebut digunakan untuk membayar orang-orang yang membersihkan tumpukan koin dari dasar kolam.

(sumber:Liputan6)