Katakomba Znojmo, Labirin ‘Horor’ Bawah Tanah Perangkap Musuh

Znojmo Katakomba Znojmo merupakan rangkaian terowongan bawah tanah yang terletak di bawah kota Znojmo, Republik Ceko. Terowongan tersebut dibangun sebagai pelindung dan tempat tinggal bagi warga selama masa perang.

Tak hanya itu, di dalamnya juga dibangun perangkap untuk memastikan tak ada penyerbu yang melarikan diri dari tempat tersebut.

Meski lorong labirin bawah tanah tersebut sering disebut sebagai katakomba, namun istilah itu sebenarnya keliru, karena katakomba biasanya berhubungan dengan kematian dan penguburan.

Sementara itu di Znojmo Catacombs, tidak ada bukti bahwa hal tersebut digunakan sebagai tempat penguburan jenazah. Sebaliknya, tempat itu dimanfaatkan sebagai tempat penampungan selama masa perang.

Dikutip dari Ancient Origins, Minggu (27/11/2016), Znojmo merupakan kota bersejarah di South Moravian Region di Republik Ceko yang terkenal akan acar mentimun dan anggurnya. Katakomba Znojmo disebut-sebut dibangun sebelum Abad Pertengahan, beberapa tahun sebelum Pertempuan Znaim berlangsung.

Selama Abad Pertengahan, sejumlah bangun di kota memiliki gudang bawah tanah. Hal itu digunakan untuk menyimpan berbagai macam hasil pertanian dan makanan tertentu, terutama anggur Znojmo yang begitu terkenal.

Sekitar Abad ke-14 dan 15, gudang tersebut mulai terhubung dan sedikit demi sedikit Katakomba Znojmo mulai terbentuk.

Katakomba Znojmo diperkirakan terbentang lebih dari 30 km, dan membuatnya menjadi katakomba terbesar di Eropa Tengah. Namun terowongan labirin itu belum dipetakan dan diukur dengan selesai.

Selama masa perang, penduduk Znojmo dikabarkan telah menggunakan katakomba sebagai tempat persembunyian. Air tanah juga tersedia di tempat tersebut dan digunakan oleh mereka yang bersembunyi di sana.

Selain itu, katakomba Znojmo juga dilengkapi dengan saluran limbah dan sistem drainase untuk menjaga tempat tersebut agar tetap bersih. Sebagai ventilasi, lubang yang mengarah ke cerobong asap dan perapian di gedung-gedung menyediakan udara ke katakomba.

Sementara desain itu memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penduduk Znojmo selama masa perang, katakomba juga memiliki fitur yang bertujuan untuk mencelakai para penyerang. Perangkap dipasang di lorong-lorong katakomba, termasuk seluncuran licin yang berakhir di sebuah lubang, titik sempit, dan pintu jebakan.

Katakomba sengaja didesain seperti itu agar musuh yang masuk ke tak bisa keluar hidup-hidup.

Selain itu, ketika tentara menyerang memasuki kota, mereka akan melihat terdapat asap yang keluar dari cerobong bangunan, meski tak ada orang yang menempatinya. Kondisi kota hantu terlihat menakutkan dan kemungkinan akan memiliki efek psikologis kepada tentara musuh.

Hari ini, sebagian katakomba dibuka untuk umum. Di sana para pengunjung dapat melihat diorama kecil dari goblin dan hantu yang dipasang di beberapa titik tertentu, yang mungkin bertujuan untuk memberikan perasaan seram.

Sumber : liputan6