Kampanye di Kawasan Padat, Ini Ide Agus Yudhoyono Atasi Kebakaran

Agus Harimurti Yudhoyono

Liputansaku.com, Jakarta – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berkampanye di kawasan padat penduduk Cengkareng dan Kapuk. Pengalaman ini mencetuskan ide di kepalanya untuk mengatasi kebakaran di kawasan padat penduduk seperti itu.

Jika terpilih jadi Gubernur DKI Jakarta, dia bakal menempatkan beberapa alat pemadam kebakaran di rumah-rumah warga.

Dia mengutarakan ide itu, setelah melihat jalur-jalur sempit ke rumah-rumah warga. Hal ini bisa menghambat jalan masuk bagi pemadam kebakaran dan merugikan warga jika terjadi kebakaran.

“Seharusnya, dibekali balai atau rumah untuk menyediakan alat pemadaman kebakaran dan juga harus memberikan pelatihan untuk pemadaman api,” kata Agus di Pedongkelan, Kapuk, Jakarta Barat, Senin (5/12/2016).

Dia tak hanya memberikan alat pemadam kebakaran. Agus berjanji mengadakan pelatihan tindakan pertama saat terjadi kebakaran.

“Ini yang selalu saya tegaskan, memberdayakan komunitas,” kata Agus.

Dia sadar, kebakaran di kawasan padat di Jakarta Barat, tak akan bisa ditangani, meski dengan memberikan alat tercanggih ke satu dinas saja. Oleh karena itu, dia lebih mengutamakan pemberdayaan warga setempat dalam menanggulangi bencana di tempat tinggal mereka.

“Dan masyarakat sendiri harus juga cepet bertindak atas kesadaran masyarakat. Itu juga dapat mencegah (kebakaran),” ucap Agus.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Liputan6