Jokowi Minta Myanmar Beri Perlindungan terhadap Muslim Rohingya

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara khusus telah mengutus Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi pada 6 Desember 2016 untuk bertemu dengan State councilor Myanmar dan pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi.

Jokowi meminta kepada otoritas di Myanmar agar membuka akses bantuan kemanusiaan ke Rakhine State atau komunitas pengungsi Rohingya. “Segera diciptakan stabilitas dan perdamaian di Rakhine State dan menegaskan perlunya perlindungan dan penghormatan HAM utamanya bagi komunitas muslim,” ujar Jokowi saat melepas bantuan di Dermaga Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (29/12/2016).

Menurut Jokowi, penegasan itu juga pernah disampaikan dirinya saat bertemu mantan Sekjen PBB Kofi Annan di Bali 9 Desember yang lalu. Permintaan agar Pemerintah Myanmar memberikan perlindungan kepada etnis Rohingya juga ditegaskan pemerintah Indonesia saat Pertemuan retreat para Menteri Luar Negeri Tingkat Asean di Yangoon pada 19 Desember 2016.

“Harapan saya bantuan Indonesia ini diterima dengan baik sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Dan harapan saya perdamaian, stabilitas dan harmoni segera tercipta di Rakhine State,” pungkasnya.

Sumber : sindonews