Jenazah Dubes Rusia Tiba di Moskow, Menlu Turki Turut Menyambut

Jenazah Duta Besar Rusia untuk Turki, Andrei Karlov, tiba di Moskow setelah diterbangkan dari Ankara, Turki. Jenazah Karlov disambut oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergei Lavrov dan Menlu Turki Mevlut Cavusoglu.

Seperti dilansir AFP, Rabu (21/12/2016), peti jenazah Karlov yang dibalut bendera nasional Rusia diterbangkan dari Ankara pada Selasa (20/12) waktu setempat, atau sehari setelah kematiannya. Dubes Karlov tewas ditembak saat memberikan sambutan pada pembukaan pameran foto di Ankara.

Upacara sederhana sempat digelar di bandara Ankara dan seorang pastur Ortodoks Rusia memimpin doa bersama. Para pejabat dan menteri pemerintahan Turki turut hadir dan memberikan kata-kata terakhir untuk mendiang Karlov.

Jenazah Karlov diterbangkan ke Moskow dengan menggunakan pesawat Tupolev-154 yang disewa khusus. Media Rusia, TASS, melaporkan pesawat yang membawa jenazah Karlov mendarat di bandara Vnukovo pada Selasa (20/12) malam sekitar pukul 20.30 waktu setempat.

Tayangan televisi menunjukkan kedua Menlu, Lavrov dan Cavusoglu masuk ke dalam pesawat untuk menjemput istri Karlov, Marina dan ibunda Karlov, Maria yang juga terbang dari Ankara mendampingi jenazah Karlov. Keempatnya keluar bersama dari pesawat dan berjalan melewati karpet merah yang digelar untuk menyambut jenazah Karlov.

Peti jenazah Karlov digotong oleh personel militer dari Resimen Preobrazhensky Angkatan Bersenjata Rusia. Alunan march untuk pemakaman dimainkan oleh personel militer Rusia di lokasi.

Kemudian peti jenazah Karlov disemayamkan sejenak di depan terminal bandara Vnukovo. Istri dan ibunda Karlov berkesempatan untuk kembali mengucapkan salam perpisahan terakhir mereka. Selanjutnya, tentara Rusia membawa peti jenazah Karlov ke dalam mobil jenazah untuk dibawa ke persemayaman terakhir.

Sumber : detik.com