Inilah yang Terjadi pada Otak dan Tubuh Saat Main HP Sebelum Tidur

LiputanDoku.com – Menghentikan kebiasaan bermain HP sebelum tidur memang sulit, hal ini harus dilakukan demi kesehatan kita sendiri.

Sebab, bermain HP sebelum tidur punya dampak tersendiri pada otak dan tubuh kita.

Melansir Business Insider, layar smartphone memancarkan cahaya biru terang sehingga Anda dapat melihatnya bahkan di saat-saat paling cerah.

Tetapi pada malam hari, otak Anda menjadi bingung oleh cahaya tersebut karena meniru kecerahan matahari.

Inilah yang menyebabkan otak berhenti memproduksi melatonin, hormon yang memberi tahu tubuh Anda waktu untuk tidur.

“Dampak layar saat Anda akan tidur, orang-orang yang memaparkan mata mereka ke aliran foton (partikel cahaya) dari objek-objek ini (di smarthphone) pada dasarnya mereka memberitahu otak, ‘tetap bangun, ini belum waktunya tidur’,” tutur Dr. Daniel Siegel, Mindsight Institute Executive Director.

Ilustrasi bermain HP sebelum tidur (Shutterstock)

“Sinar cahaya yang terpancar memberi tahu otak Anda untuk ‘jangan mengeluarkan melatonin dahulu, ini bukan waktunya untuk tidur’,” sambungnya.

Oleh karena itu, cahaya smartphone dapat mengganggu siklus tidur. Membuat Anda lebih sulit tidur dan lelap. Jika terjadi dalam waktu yang lama, hal ini berpotensi menyebabkan masalah keseahatan serius.

Dan apabila Anda terbangun sampai dini hari dan tidur hanya dalam waktu 5 jam saja, itu juga akan berdampak pada otak.

“(Saat tidur) otak mengizikan neuron aktif untuk beristirahat dengan baik. Tetapi lebih dari itu, (inilah waktunya) sel-sel pendukung yang disebut sel glial membersihkan racun yang dihasilkan oleh neuron.”

“Dan jika Anda tidak mendapatkan tidur 7 hingga 9 jam, yang mana Anda hanya tidur 5 jam, racun tetap ada,” sambungnya.

Pada akhirnya, hal ini berdampak pada tubuh. Seperti membuat fokus dan ingatan Anda terganggu serta sulit untuk memikirkan solusi dalam sebuah masalah.

“Bahkan insulin Anda, yang membantu mengatur metabolisme, terbalik yang membuat berat badan Anda bertambah. Lalu, jika ini bukan yang terburuk, sebenarnya ini adalah racun bagi koneksi sel di otak Anda,” lanjut Dr. Siegel.

Oleh karena itu, melansir Independent UK, Dr. Siegel menyarankan untuk mematikan HP Anda pada jam 9 malam. Berikan waktu jeda satu jam sebelum beristirahat.

NB : Berita ini dibuat oleh LiputanDoku.com hanya untuk membantu dan memudahkan pembaca untuk melakukan Bettingan Bola. DetikDoku.com dengan tidak bertanggung jawab atas kekalahan yang terjadi baik material maupun non material dan semua itu sepenuhnya adalah tanggung jawab masing – masing pemain.