Inilah Para Raja Assist El Clasico dalam 6 Tahun Terakhir

Tidak terasa kurang dua hari laga laga terpanas di La Liga Spanyol, El Clasico akan digelar untuk pertama kalinya musim ini. Pertandingan yang mempertemukan dua klub tersukses di Spanyol, Barcelona dan Real Madrid rencananya akan digelar di Camp Nou pada akhir pekan ini.

Sebagai salah satu rivalitas terbesar di dunia, laga El Clasico selalu menawarkan aksi-aksi spektakuler nan menawan disetiap penyelenggaraannya. Para pemain bintang di setiap tim berlomba-lomba menurunkan performa terbaiknya untuk tampil spektakuler di laga ini.

Salah satu aspek yang ditunggu dalam El Clasico adalah gol kedua tim. Namun gol-gol tersebut tidak akan tercipta tanpa sosok-sosok kreatif yang membuat peluang-peluang matang. Berikut Bolanet rangkumkan para Raja Assist El Clasico dalam enam tahun terakhir.

[Catatan: Dalam enam tahun terakhir tercatat ada 24 laga El Clasico, terdiri dari 12 pertandingan La Liga, 6 Pertandingan Copa Del Rey, 2 Pertandingan Liga Champions, dan 4 Pertandingan Supercopa De Espana].

8. Dani Alves
Dani Alves
Dani Alves
3 Assist

Nama pertama yang masuk ke dalam jajaran para raja assist El Clasico dalam enam tahun terakhir adalah sosok bek Brasil, Dani Alves.

Alves yang memperkuat Barcelona sebagai bek kanan tidak hanya piawai dalam bertahan namun ia juga mampu menyediakan assist bagi rekan-rekannya. Tercatat bek berusia 33 tahun itu membuat 3 assist bagi Barcelona dalam 24 El Clasico terakhir yang dilakoni tim asal Catalan tersebut.

Namun pada musim ini Alves sudah tidak bisa memperkuat Barcelona di ajang El Clasico. Bek Timnas Brasil itu memutuskan pindah ke Juventus pada awal musim lalu, sehingga ia hanya bisa menjadi penonton pada laga panas ini.

7. Pepe
Pepe
Pepe
3 Assist

Bagi para pecinta sepakbola, nama Pepe tentu sudah tidak asing ditelinga. Bek berkepala plontos ini dikenal sebagai salah satu bek tanpa kompromi yang sering melakukan pelanggaran-pelanggaran beresiko demi menjaga zona pertahanan El Real.

Meski terkenal sebagai salah satu bek garang La Liga, namun Pepe juga ternyata juga cukup berkontribusi dalam lahirnya gol Real Madrid di ajang El Clasico. Tercatat dalam 24 El Clasico terakhir, bek Timnas Portugal itu mampu menyumbangkan tiga assist bagi timnya.

Pepe sendiri diprediksi akan kembali menjadi starter di lini pertahanan Madrid pada El Clasico nanti. Bersama dengan Sergio Ramos, Pepe akan menjaga pertahanan El Real dari gempuran Barcelona.

6. Angel Di Maria
Angel Di Maria
Angel Di Maria
4 Assist

Satu lagi nama besar yang masuk dalam deretan raja Assist El Clasico adalah Winger asal Argentina, Angel Di Maria. Sosok 28 tahun ini merupakan salah satu pemain andalan Real Madrid pada masanya.

Memiliki kecepatan dan kreatifitas, Di Maria selalu menjadi andalan para pelatih El Real di sektor sayap bersama dengan tandemnya Cristiano Ronaldo. Di Maria sendiri tercatat membuat 4 assist dalam 24 El Clasico terakhir yang dilakoni Real Madrid.

Di Maria sendiri dipastikan tidak bisa memperkuat El Real pada El Clasico tengah pekan nanti. Ia sudah meninggalkan klub pada tahun 2013 silam, di mana saat ini ia memperkuat raksasa Prancis, Paris Saint Germain.

5. Neymar
Neymar
Neymar
4 Assist

Pada tahun 2013 silam, Barcelona membuat seluruh dunia gempar. Pasalnya klub asal Catalonia itu sukses mendatangkan salah satu talenta muda terbaik dunia dari Santos, yaitu Neymar.

Dibeli dengan harga yang mahal, Neymar sukses membuktikan bahwa ia memang pantas membela Barcelona. Dalam tiga tahun terakhir, ia tercatat membantu El Barca dalam laga El Clasico, di mana ia menyumbangkan 4 assist bagi rekan-rekan setimnya.

Neymar sendiri dipastikan bisa turun pada laga El Clasico pada akhir pekan nanti. Ia berada dalam kondisi yang terbaik dan siap membela panji Barcelona di Camp Nou pada akhir pekan annti.

4. Mesut Ozil
Mesut Ozil
Mesut Ozil
5 Assist

Nama berikut yang menjadi salah satu penyumbang assist terbanyak di 24 laga El Clasico terakhir adalah sosok Gelandang asal Jerman, Mesut Ozil. Gelandang berusia 28 tahun itu merupakan salah satu pemain kreatif terbaik yang dimilik El Real selama beberapa tahun terakhir.

Playmaker Timnas Jerman ini tercatat berkontribusi banyak bagi Real Madrid di ajang El Clasico. Dalam enam tahun terakhir ia tercatat membuat enam assist bagi rekan-rekannya pada saat timnya menghadapi Barcelona.

Namun Ozil sendiri dipastikan tidak bisa turun pada laga panas pada akhir pekan nanti. Ia sudah meninggalkan Real Madrid semenjak tahun 2013 silam, di mana saat ini ia membela klub asal Inggris, Arsenal.

3. Andres Iniesta
Andres Iniesta
Andres Iniesta
5 Assist

Tua-Tua Keladi, mungkin ungkapan ini bisa menggambarkan betapa pentingnya sosok Andres Iniesta bagi Barcelona. Gelandang Veteran ini selalu menjadi andalan El Barca sebagai pengatur tempo serangan di lini tengah mereka.

Meski sudah tidak muda lagi, namun Iniesta merupakan salah satu kontributor assist Barcelona pada ajang El Clasico enam tahun terakhir. Gelandang 32 tahun itu tercatat sudah mengantongi lima assist dalam 24 laga El Clasico terakhir.

Menurut kabar terakhir, Iniesta dikabarkan berada dalam kondisi yang baik jelang laga El Clasico nanti. Oleh karenanya ia dipercaya akan diturunkan semenjak menit awal oleh pelatih Luis Enrique.

2. Karim Benzema
Karim Benzema
Karim Benzema
5 Assist

Menjadi seorang penyerang tengah tidak menutup peluang seorang Striker untuk memberikan Assist. Setidaknya hal ini ditunjukkan oleh ujung tombak Real Madrid, Karim Benzema.

Striker berdarah Prancis ini termasuk salah satu supllier Assist Los Blancos pada ajang El Clasico. Ia tercatat sudah membuat 5 assist di 24 El Clasico terakhir.

Benzema sendiri diprediksi menjadi starter pada laga El Clasico akhir pekan ini. Cederanya Alvaro Morata membuat striker 28 tahun ini akan menjadi andalan Zinedine Zidane di lini serang Los Blancos.

1. Lionel Messi
Lionel Messi
Lionel Messi
8 Assist

Diperingkat pertama raja Assist El Clasico adalah Mega Bintang Barcelona, Lionel Messi. Messi yang merupakan pemain andalan Barca ternyata tidak hanya piawai mencetak gol, namun ia bisa menyediakan assist bagi rekan-rekan setimnya.

Dalam enam laga El Clasico terakhir, La Pulga tercatat mampu memberikan 8 Assist bagi rekan-rekan setimnya. 8 Assist tersebut membuatnya menjadi raja Assist El Clasico dalam enam tahun terakhir.

Messi sendiri dikabarkan berada dalam kondisi yang prima sehingga dipastikan bisa turun dalam Laga El Clasico pada akhir pekan nanti.

(sumber:Bola.net)