Inilah 7 Aturan Lalu Lintas Paling Aneh

Tiap negara  memang punya aturan masing-masing untuk mengatur lalu lintas. Misalnya di Jakarta, menerapkan plat nomor ganjil-genap untuk mengurai kepadatan lalu lintas.

Selain itu, pemotor pun wajib menyalakan lampu utama. Namun tahukah Anda, sejumlah negara juga punya aturan unik bahkan aneh. Dilansir dari Dailymail, Selasa (22/11/2016) berikut adalah uraiannya:

1. Finlandia

Sama seperti Indonesia yang mengharuskan pemotor selalu menyalakan lampu utama ketika berkendara, Finlandia pun menerapkan aturan yang sama.

Bedanya, di sana mobil yang diwajibkan mengaktifkan lampu. Selain itu, pengendara juga tak boleh menabrak binatang di jalan. Apabila terbukti melakukan itu, maka siap-siap berhadapan dengan hukum.

2. Republik Siprus

Republik Siprus, sebuah negara yang berada di kurang lebih 113 km di sebelah selatan Turki ini juga memiliki aturan lalu lintas unik.

Ya, bila di Inggris, mengemudi sembari makan dan minum masuk dalam kategori perilaku yang membahayakan atau tidak mengindahkan keslematan berkendara, di Siprus lain cerita.

Ya, bagi siapa saja yang terbukti makan dan minum sambil mengemudi dipastikan bakal kena tilang.

Next

3. Jerman

Inilah menjadi surganya pecinta kecepatan. Autobahn yang merupakan sistem jalan nasional di sana tak memberlakukan batas kecepatan.

Praktis, di sinilah negara yang dikenal sebagai rahimnya mobil-mobil wah dunia lahir.

Nah, memasuki Autobahn juga tak boleh sembarangan. Anda harus mempersiapkan kondisi bahan bakar. Apabila ada mobil menepi dan ketahuian mogok karena habis bensin, sudah pasti akan ditilang.

4. Swiss

Kotak P3K dan segitiga pengaman wajib ada di mobil. Tujuannya jelas, keduanya bisa digunakan ketika kondisi darurat.

Atas dasar itu, otoritas setempat mewajibkan pegendara untuk memasang segitiga pengaman ketika terjadi insiden. Bila luput, siap-siap disemprit polisi.

Next

5. Demark

Mengecek kondisi kendaraan adalah hal yang wajib dilakukan sebelum berkendara. Atas dasar itu, pengendara di Denmark wajib melakukan ritual pengecekan seperti fungsi lampu sein, ban, dan mengecek kolong mobil.

Nah, bila luput dan kedapatan polisi melakukan pengecekan di jalan umum. Mereka tak segan untuk menegur dan menilang Anda.

6. Spanyol

Bagi Anda yang menggunakan kacamata dan contact lenses ketika berkendara wajib memperhatikan aturan yang satu ini ketika plesir ke Spanyol.

Pasalnya, ada aturan mewajibkan pengendara yang menggunakan kacamata untuk menyiapkan serep kacamata. Apabila dihentikan polisi dan dicek tak memiliki serep, maka Anda bakal ditilang.

7. Jepang

Genangan air yang kerap timbul sehabis hujan kadang membikin jengkel pejalan kaki. Bagaimana tidak, mereka bisa mendapat cipratan air dari pengemudi yang tak mengindahkan lingkungan sekitar.

Atas dasar itu, Jepang punya aturan khusus. Di mana pengendara yang mencipratkan air ke pejalan kaki bakal kena sanksi.

 Sumber : liputan6