Ilmuwan: Tak Ada Planet Lain Selain Mars yang Laik Huni

LiputanDoku.com – Beberapa tahun terakhir, banyak ilmuwan dari berbagai negara berambisi menempatkan manusia di Mars. Seorang fisikawan bernama Brian Cox mengungkapkan bahwa kemungkinan Mars merupakan satu-satunya planet yang dapat dihuni selain Bumi.

Cox menambahkan bahwa manusia tidak bisa selamanya menetap di Bumi. Ia berasumsi jika manusia pergi ke planet lain selain Mars, maka manusia akan memiliki masa depan suram.

“Dalam skenario yang masuk akal, tidak ada tempat lain bagi manusia untuk memulai langkah jika mereka keluar dari planet ini (Bumi), selain Mars. Jika kalian memikirkan planet lain, tidak ada planet lain yang bisa kita tuju,” ucap Brian Cox, seperti yang dikutip dari Sputnik News.

Cox sangat yakin dengan kelayakan Mars sebagai tempat huni selanjutnya jika mengingat sejarah mengenai planet merah tersebut. Catatan penelitian mengungkapkan bahwa Mars dulunya merupakan planet yang berkilau biru dan memiliki kehidupan.

Ilustrasi permukaan planet Mars (Shutterstock).
Ilustrasi permukaan planet Mars (Shutterstock).

“Suatu ketika planet merah itu berkilau biru. Aliran air mengalir menuruni lereng bukit dan sungai mengalir melalui lembah,” tambah Brian Cox.

Jika umat manusia memilih planet lain selain Mars, hal itu akan memakan jarak yang terlalu jauh dan spekulatif. Tak hanya Brian Cox, pendiri SpaceX, Elon Musk, juga berambisi membuat pangkalan manusia di Mars. Musk bahkan menetapkan target pada tahun 2028 agar pangkalan manusia di Mars mulai dibangun.

NB : Berita ini dibuat oleh LiputanDoku.com hanya untuk membantu dan memudahkan pembaca untuk melakukan Bettingan Bola. DetikDoku.com dengan tidak bertanggung jawab atas kekalahan yang terjadi baik material maupun non material dan semua itu sepenuhnya adalah tanggung jawab masing – masing pemain.