Ibu Negara Bicara Bumbu Dapur di Hadapan Istri-istri Dubes

Ibu negara Iriana Joko Widodo bertemu dengan istri-istri Duta Besar RI yang baru dilantik Presiden Senin kemarin. Iriana pun berpesan kepada mereka agar saat nanti mendampingi sang suami bertugas di luar negeri jangan lupa membawa bumbu dapur khas Indonesia.

“Siap-siap bumbu dapur bu karena sekarang kan bumbu dapur ada kemasannya, tidak masalah,” ujar Iriana Jokowi.

Jika tidak membawa bumbu dapur khas Indonesia, Iriana Jokowi berpesan agar membiasakan diri dengan jenis makanan yang ada di negara lain. “Apa makannya, kita menyesuaikan di negara yang ditempati,” ucap Iriana.

Iriana Jokowi juga mengimbau kepada dubes perempuan maupun istri dubes untuk aktif mengenalkan makanan khas Indonesia yang kaya rasa kepada negara lain.

Pesan Iriana Jokowi tersebut menanggapi cerita istri Duta Besar RI untuk Austria, Dewiyanti Djumala ketika masih mendampingi Darmansjah Djumala sebagai Duta Besar RI untuk Polandia tahun 2010 lalu.

Saat Dewiyanti Djumala bercerita bagaimana dirinya kesulitan untuk mencari bumbu dapur yang biasanya digunakan untuk memasak hidangan khas Indonesia. “Dukanya bu, kalau di negara yang tidak punya bumbu dapur, itu sedih,” ujar Dewiyanti.

Saat berbincang dengan dubes perempuan dan istri-istri dubes, Iriana didampingi Mufidah Jusuf Kalla. Keduanya sempat melihat-lihat pameran yang lokasinya di salah satu ruangan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Iriana Jokowi yang mengenakan busana kebaya berwarna oranye itu kemudian mempersilakan para tamu untuk melihat pameran mini yang seluruhnya merupakan produk perajin Indonesia. Tidak ingin melewatkan pameran itu, Iriana Jokowi pun ikut melihat-lihat stand yang ada.

Ditemani oleh Mufidah Kalla serta Istri Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Nora Trystiana, Iriana Jokowi melihat kain-kain batik yang ada di stand dekat pintu masuk ruangan. Ketertarikan Iriana Jokowi terhadap kain batik yang dipamerkan itu sangat terlihat, sebab dirinya selama kurang lebih 40 menit hanya berdiri di stand tersebut.

Sebelum masuk ruang pameran mini, Iriana menjelaskan bahwa pameran tersebut merupakan kegiatan ysng diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Iriana juga berharap, duta besar RI perempuan dan istri-istri duta besar RI lainnya bisa membawa produk-produk kerajinan Indonesia ke negara yang dituju dalam rangka mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia.

“Baju Indonesia juga bagus-bagus ya bu. Biasanya orang luar menanyakan cantik bajunya. Itu juga salah satu promosi indonesia karena indonesia kan banyak sekali, mungkin ribuan. Nanti juga dekranasda akan menampilkan pameran, nanti Insya Allah ibu-ibu tertarik, bisa membawa ke negara yang ibu tempati nanti,” kata Iriana Jokowi.(nicolas manafe)

Sumber : tribunnews