Hercules Jatuh, Ketua MPR: Ini Pelajaran untuk Perbaharui Alutsista Kita

Ketua MPR Zulkifli Hasan

Liputansaku.com, Pidie Jaya – Pesawat Hercules milik TNI AU yang jatuh di Gunung Tugima, Wamena, Papua, menjadi duka bagi Indonesia. Ketua MPR RI yang menyampaikan belasungkawa kepada korban.

“Berita duka kembali menimpa TNI kita, jatuhnya pesawat Hercules. Kita turut berduka cita yang mendalam. Kita doakan saudara-saudara kita yang mendapat musibah itu diterima Allah SWT. Keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan menerima cobaan yang berat yang tidak diperkirakan,” kata Zulkifli Hasan di Pendopo Bupati Pidie Jaya, Aceh, Minggu (19/12/2016).

“Belasungkawa yang mendalam dari saya sebagai Ketua MPR, jajaran MPR kepada seluruh keluarga korban dan kepada TNI,” imbuhnya.

Zulkifli menuturkan, dengan kejadian ini semoga menjadi hikmah bagi negara. Dia juga meminta agar pemerintah memperbarui alat utama sistem persenjataan TNI agar tidak terjadi hal yang serupa di masa mendatang.

“Mudah-mudahan dengan kejadian ini memberikan pelajaran kepada kita agar memperbaharui pesawat-pesawat kita. Khususnya alutsista TNI, Polri kita. Karena memang ada yang sudah lama, perlu perhatian agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi,” tutur politisi PAN itu.

Seperti diketahui, Pesawat Hercules C-130 HS dengan nomor registrasi A-1334 yang jatuh di Gunung Tugima, Wamena, Papua merupakan pesawat milik Lanud Abdulrachman Saleh. 13 Orang meninggal akibat jatuhnya pesawat itu. Diketahui pesawat tersebut merupakan hibah dari Australia dan bergabung dengan Skuadron 32 Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh pada Febuari 2016 lalu. Namun pesawat itu sudah digunakan Angkatan Udara Australia sejak medio ’80-an.

 

 

 

 

Detik.com