Hati-Hati, 4 Hal Ini Membahayakan Vagina

Vagina merupakan bagian tubuh super sensitif yang bisa memberikan banyak kepuasan saat berhubungan seks. Namun, seringkali kita tidak tahu kalau ada beberapa hal yang dapat membahayakan vagina, seperti yang dilansir dari Womenshealthmag, Jumat (26/8/2016):

1. Duduk di kursi sepeda tanpa busa

Pernahkah Anda merasa labia mati rasa atau sakit saat bersepeda? Coba periksa tempat duduk di sepeda, bisa jadi jok sepeda Anda kurang empuk sehingga saraf vagina dan pembuluh darah di selangkangan tertekan.

2. Tidak mengganti pakaian setelah berolahraga

“Ketika Anda terlalu lama menggunakan celana yoga yang sudah terkena keringat, bakteri di daerah tersebut dapat berkembang biak secara pesat. Jika bakteri tersebut masuk ke saluran vagina, maka hal ini dapat menyebabkan infeksi jamur,” ujar Profesor klinis obgyn di Yale School of Medicine, Mary Jane Minkin, M.D.

3. Melumuri tubuh dengan whipped cream atau sirup coklat untuk pasangan

“Jika fantasi Anda seperti di atas, pastikan makanan manis tersebut jauh dari selangkangan Anda. Karena jika gula berhasil masuk ke dalam vagina, hal ini akan mengacaukan kadar pH dan menyebabkan ragi atau jenis infeksi lain,” ujar Minkin.

4. Melumasinya dengan baby oil

“Pelumas berbasis minyak tidak mudah dibersihkan dengan air. Baby oil yang terperangkap di saluran vagina akan menjebak bakteri sehingga menyebabkan infeksi,” ujar Minkin. Lebih baik menggunakan pelumas silikon atau yang berbasis air karena mudah dibersihkan.

Sumber : liputan6