Harga Cabai Rawit Kian Pedas, Tembus Rp80.000/Kg

KUNINGAN – Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru, harga sembako di pasar tradisional Kabupaten Kuningan. Jawa Barat merangkak naik. Kenaikan harga yang paling mencolok terjadi pada harga cabai rawit yang menembus angka Rp80.000 per kilogram (kg), atau naik sekira 70%.

Kenaikan harga ini, salah satunya akibat petani yang mengalami gagal panen. Padahal, harga cabai rawit ini sebelumnya hanya Rp30.000 per kg. Sementara, harga cabai merah naik dari Rp50.000 per kg kini naik menjadi Rp60.000 per kg.

Selain pada cabai, kenaikan harga juga terjadi pada komoditi lainnya, seperti kentang, bawang merah dan kol, yang masing-masing mengalami kenaikan sekira Rp2.000 per kg.

“Menjelang datangnya perayaan Natal dan akhir tahun, harga jual sayur mayur dari distributor mengalami kenaikan. Selain itu juga kenaikan harga kebutuhan pokok diakibatkan karena para petani mengalami gagal panen,” kata salah satu pedagang Yuyun, Sabtu (17/12/2016).

Akibat naiknya sejumlah bahan kebutuhan pokok ini, para pedagang mengalami penurunan omzet hingga 50%. Namun, pedagang yakin akan diserbu pembeli saat Natal semakin dekat.

Sumber : okezone