Hanya Ada 3 di Dunia, Mobil Yamaha Langka Akhirnya Dilego

LiputanDoku.com – Selama ini, Yamaha dikenal sebagai produsen otomotif khusus kendaraan roda dua. Namun, belum banyak yang tahu kalau perusahaan sempat memproduksi mobil langka.

Mobil yang dimaksud adalah Yamaha OX99-11 V12. Kendaraan itu dibuat oleh anak perusahaan Yamaha Ypsilon Technology pada tahun 1990-an setelah pabrikan Jepang memasok mesin Formula 1.

Dikutip dari laman carscoops.com, Yamaha awalnya mengajak perusahaan Jerman untuk membuat mobil idaman ini tapi tidak berhasil. Mereka kemudian menghubungi konsultan teknik asal Inggris (IAD) untuk merampungkan proyek

Dalam proses produksi, Yamaha dan IAD sempat melewati pertentangan sehingga langsung ditangani Ypsilon Technology Yamaha. Apes, karena krisis finansial perusahaan hanya bisa memproduksi tiga unit mobil Yamaha.

Salah satu mobil tersebut kini dilego kepada penggemar. Kalau dilihat dari dapur pacu, sesuai namanya mobil Yamaha menggendong mesin V12 berkapasitas 3,5L. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi enam percepatan sehingga mampu menghasilkan tenaga 440 HP.

Mobil Yamaha OX99-11 V12. (carscoops.com)
Mobil Yamaha OX99-11 V12. (carscoops.com)

Sementara itu, keistimewaan yang paling menonjol sebenarnya terlihat dari desain mobil. Sesuai dengan keahlian para teknisi Yamaha, mobil dirancang dengan pola tempat duduk one-plus-one. Pun kalau dilihat dari perawakannya, kendaraan itu terlihat ramping dengan kokpit tipis dan tinggi.

Soal harga tak perlu diragukan, mobil langka Yamaha OX99-11 V12 dibanderol Rp 18,9 miliar.

NB : Berita ini dibuat oleh LiputanDoku.com hanya untuk membantu dan memudahkan pembaca untuk melakukan Bettingan Bola. DetikDoku.com dengan tidak bertanggung jawab atas kekalahan yang terjadi baik material maupun non material dan semua itu sepenuhnya adalah tanggung jawab masing – masing pemain.