Gerbong Kereta Api di India Tergelincir, 60 Penumpang Tewas

Setidaknya ada 60 penumpang tewas setelah kereta Indian Express tergelincir di utara negara bagian Uttar Pardesh, India.

Insiden terjadi di Indore-Patna Express pukul 03.00 waktu setempat pada Minggu 20 November 2016, dekat kota Kanpur. Lebih dari 100 orang dilaporkan luka.

 

Tak jelas apa penyebab hingga kereta api bisa tergelincir. Sepur cepat itu membawa 45 gerbong, demikian dikutip dari BBC, Minggu (20/11/2016).

“Kami terbangun karena hentakan yang keras pada pukul 3 pagi. Beberapa gerbong tergelincir. Semua orang terkejut. Aku melihat beberapa jasad orang yang terluka,” kata Krishna Keshav, saksi mata dan juga penumpang kepada BBC.

Menurut laporan, kebanyakan korban berasal dari dua gerbong dekat gerbong mesin yang rusak berat akibat tergelincir. Jumlah korban diperkirakan akan meningkat karena sulitnya evakuasi.

Pekerja penyelamat di lokasi kecelakaan menggunakan mesin-mesin berat untuk memotong kereta untuk mencapai korban.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan bela sungkawanya lewat Twitter.

“Begitu sedihnya saya hingga kehilangan kata-kata akibat melayangnya nyawa setelah tergelincirnya Patna-Indore. Pikiran saya tertuju kepada keluarga korban…”

“Doa bagi mereka yang terluka dalam kecelakaan kereta tragis,” tulis Modi.

Modi mengatakan ia telah berbicara dengan kementerian kereta api Suresh Prabhu yang kini tengah memonitor jalannya evakuasi secara langsung.