Gempa 5,2 SR Guncang Jawa Barat Bagian Selatan

Jakarta Gempa bumi 5,2 SR mengguncang Jawa Barat bagian selatan. Wilayah yang merasakan getaran tersebut adalah Bandung, Pangalengan, Pelabuhan Ratu, Ciamis, Pangandaran, dan Tasikmalaya.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi terjadi pukul 01.53 WIB. Episenter terletak pada koordinat 7,72 LS dan 107,28 BT, tepatnya di Samudra Hindia pada jarak 96 km arah baratdaya Kota Bandung, Jawa Barat pada kedalaman 61 Km,” ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Moch Riyadi dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis (16/2/2017).

Riyadi menambahkan, diskripsi gempa bumi dengan skala intensitas II SIG-BMKG menunjukkan guncangan dirasakan orang banyak. Namun begitu belum menimbulkan kerusakan bangunan rumah.

“Menurut laporan, beberapa warga terbangun dari tidur akibat guncangan yang terjadi dengan tiba-tiba,” ujar dia.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, jelas Riyadi, gempa bumi ini merupakan gempa berkedalaman menengah yang dipicu aktivitas subduksi lempeng di Zona Benioff. Dalam hal ini Lempeng Indo-Australia menunjam ke bawah Lempeng Eurasia dengan laju sekitar 70 mm/tahun.

“Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempa bumi susulan. Kepada masyarakat pesisir selatan Jawa Barat dihimbau agar tetap tenang karena gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” imbau Riyadi.

sumber : liputan 6