Gadis Cantik Indonesia di Balik Tenggelamnya Kapal Nazi di Jawa?

Seonggok benda misterius terbaring di kedalaman laut di perairan Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Keberadaannya mengganggu para nelayan. Belakangan diketahui, itu diduga bangkai kapal selam U-168 milik Jerman dari era Perang Dunia II. Saat negara itu dikuasai Nazi yang dipimpin Adolf Hitler. Versi lain, itu adalah kapal U-183 milik Jerman yang ditembak AS pada 1945.

“Kalau data yang kami dapat, ditenggelamkan oleh torpedo Amerika pada 6 Oktober 1944,” kata Ketua Tim Peneliti Arkeologi Indonesia, Bambang Budi Utomo, dalam perbincangan dengan Liputan6.com, Rabu (20/11/2013).

Sebelum nomor lambung dipastikan, penelusuran Liputan6.com soal insiden di 6 Oktober 1944, diketahui bahwa saat itu kapal selam U-168 milik Jerman yang dinahkodai oleh Kapitanleutnant Helmuth Pich sedang menuju ke arah timur, dari Batavia ke Surabaya, di mana ia berniat menemui dua kapal selam lain, U-537 dan U-862 — untuk menjalankan operasi di lepas pantai Australia. Entah operasi apa yang dilakukan. Namun Jerman kala itu ada di pihak Jepang.

Namun, keberadaannya dipergoki oleh HNLMS Zwaardvisch, milik Belanda, yang dipimpin  Lieutenant Commander Hendrikus Abraham Waldemar Goossen. Lalu, Goosen memerintahkan serangan.

Pada pukul 06.53, 11 menit setelah keberadaan U-168 diketahui, Zwaardvisch melepaskan 8 torpedo dari dari jarak 820 meter.

“Suara ledakan lalu terdengar, komandan Belanda mengangkat periskop untuk melihat tenggelamnya kapal selam musuh,” demikian dikutip Liputan6.com dari buku berjudul, ‘U-boats Destroyed: German Submarine Losses in the World Wars’ karya Paul Kemp, seperti dilansir situs Dutch Submarines.

Goossen juga melihat sejumlah kru Jerman berhasil melarikan diri dari kapal yang porak-poranda.

Gadis-gadis Indonesia

(sumber:liputan6)