Final Yamaha Cup Race 2916 Digelar di Sirkuit Permanen Bukit Peusar Tasikmalaya

Usai menggelar race di Kota Purwokerto, Jawa Tengah, 23-24 Juli 2016 lalu, dan berlanjut di Tulungagung, 19-20 November 2016, gelaran final Yamaha Cup Race 2016 (YCR 2016) akan berlangsung di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, pertengahan Desember ini.

Babak penentuan juara umum ini berlangsung di sirkuit permanen Bukit Peusar Tasikmalaya dengan lintasan berkontur naik-turun sepanjang 1,3 km yang beberapa waktu lalu menjadi venue penyelenggaraan PON XIX Jabar (2016).

Tentu saja ini akan memberikan tantangan tersendiri, terlebih trek lurus utama sekitar 250 meter yang sebelumnya harus melalui tikungan terakhir dengan permukaan menurun yang parabolik.

Belum lagi tikungan pertama model hairpin dan seterusnya.

Dipastikan, banyak pebalap berprestasi nasional siap meramaikan gelaran puncak persembahan pabrikan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ini.

“Jadi pelaksanaan YCR 2016 seri ke-3 ini adalah final. Untuk penentuan juara umum pertarungannya begitu ketat,” kata M Abidin, General Manager After Sales & Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Kamis (8/12/2016).

Hal ini bisa dilihat dari hasil YCR 2016 Tulungagung dimana banyak rider muda berbakat seperti Sulung Giwa dan Dicky Ersa, keduanya dari Bahtera Racing, kemudian Wawan Wello dari Yonk Jaya, Faisal Baharudin dari Semoga Abadi, Herjun AF dari Putra Anugrah. Mereka adalah pemegang poin sementara.

Sebelum balapan dimulai, tim Yamaha Riding Academy (YRA) akan berkunjung ke sekolah-sekolah seperti SMK Al Falah Tanjung Jaya, SMK As-Sabiq Singaparna, Pesantren Al-Islah dan SMK Al-Huda. Komunitas YRFI jugpun akan hadir meramaikan acara ini.

Menyangkut kompetisi yang akan tersaji, diprediksi kuat hadir pertarungan sengit antara Yamaha Bahtera Racing, Yamaha Putra Anugrah, Yamaha Yonk Jaya, Yamaha SND dan lainnya, termasuk tim privateer seperti Kaboci, Shakespeare, Kheevalindo Waloja, Bien Racing dan tim-tim asal Jabar.

Pasukan luar Jawa seperti Yamaha Wins Kedaton (Bali) dan Canasta (Sumbar) yang siap ambil-bagian. Catatan penting, saat YCR 2106 Tulungagung, Jatim lalu ambil bagian 207 starter.

Duet Yamaha Bahtera Racing yang menguasai klasemen sementara seeded, Sulung Giwa dan Dicky Ersa akan mendapat tantangan serius dari racer Yamaha Putra Anugrah, Aldilla Eka Darma dan Tommy Salim.

Mereka siap berjibaku menentukan siapa yang terbaik. Baik dalam hal juara seri ataupun jawara umum (poin keseluruhan seri).

Pada bagian lain, sesi coaching-clinic untuk road racer muda berusia 15 tahun ke bawah juga konsisten dihadirkan.

Di YCR 2016 Tasikmalaya akan terlibat pebalap Galang Hendra Pratama yang malang-melintang di Asia Road Racing Championship (ARRC) kelas Asia Production 250 (AP250) dan terbukti beberapa kali naik podium.

Galang Hendra yang berusia 17 tahun siap memberikan pengarahan dan pembelajaran skill balap. Jadi terjun langsung memberikan pengarahan dalam konteks racing-line, titik pengereman, buka-tutup throttle gas, termasuk langkah memotivasi.

Kemeriahan YCR 2016 Tasikmalaya juga akan diikuti dengan program penjualan yang sangat menarik. Jadi jangan lewatkan kesempatan ini.

Misalnya, voucher diskon oli Yamalube RS4GP & Apparel VR46 Asia yang diberikan untuk pengunjung yang sebelumnya melakukan test-ride.

Ada juga diskon-diskon menarik dalam penjualan apparel VR46 Asia ataupun di stand-stand sponsor,  selfie-photo-contest yang berhubungan dengan selfie saat kegiatan YCR dan wajib di posting di media sosial, juga games, lomba fashion-show, pentas musik dan masih banyak lagi acara-acara spesial lainnya.

Final YCR 2016 Tasikmalaya mendapat dukungan sejumlah sponsor seperti Yamalube, Sakura, IRC Tire, NGK, DID, KYB dan Pertamax Turbo.

Sumber : liputan6