El Clasico: Kombinasi Skuat Barcelona dan Real Madrid

Laga big match akan tersaji dalam lanjutan La Liga jornada ke-14 pada akhir pekan ini. Dua tim raksasa Barcelona dan Real Madrid akan saling jegal di Camp Nou untuk menentukan siapa tim yang terbaik di daratan Spanyol.

Kedua tim tentu saja sangat berambisi untuk meraih kemenangan dalam duel bertajuk El Clasico ini. Barcelona ingin menumbangkan Los Blancos untuk memangkas jarak enam poin. Sementara itu, Madrid juga butuh kemenangan untuk menegaskan posisi mereka sebagai pemimpin klasemen.

Selain terlibat persaingan yang cukup lama, bukan rahasia lagi memang bila kedua tim ini memiliki skuat mentereng. Mulai dari posisi penjaga gawang hingga barisan penggedor diisi sederet pemain-pemain berkualitas tinggi.

Mengingat banyaknya pemain yang bertalenta di masing-masing tim. Berikut Bola.net mencoba untuk menyusun skuat gabungan Barcelona dan Real Madrid. Dengan menggunakan formasi 4-3-3, berikut ini adalah daftarnya.

1. Kiper
Kiper
Keylor Navas

Keylor Navas pantas dikedepankan untuk posisi penjaga gawang. Penampilan kiper Kosta Rika di musim ini memang cukup meyakinkan, sementara Marc-Andre Ter Stegen beberapa kali tampil di bawah performa terbaiknya.

Navas sendiri baru kebobolan lima gol dari tujuh pertandingan di La Liga. Lain halnya dengan Ter Stegen yang harus memungut bola sepuluh kali dari gawangnya sendiri dari 11 pertandingan di liga.

2. Bek Kanan
Bek Kanan
Dani Carvajal

Menempati posisi bek kanan, Dani Carvajal musim ini tampil dominan di bawah arahan Zinedine Zidane. Danilo yang menjadi pesaingnya belum mampu menggeser pemain asal Spanyol tersebut.

Sementara itu, Barcelona harus menerima pukulan telak setelah ditinggal Dani Alves ke Juventus. Meski bukan posisi aslinya, Sergi Roberto sebenarnya bermain cukup bagus di posisi tersebut.

3. Bek Tengah
Bek Tengah
Sergio Ramos

Ramos adalah salah satu contoh bek tengah kelas dunia. Meski telah mengoleksi 21 kartu merah, ia masih tetap menjadi andalan di jantung pertahanan Real Madrid.

Ramos sudah memenangkan segalanya dalam sepakbola dengan Los Blancos maupun timnas Spanyol. Kapten Madrid itu juga sering mencetak gol penting untuk timnya dalam pertandingan final.

4. Bek Tengah
Bek Tengah
Gerard Pique

Bek jangkung ini menang dalam duel udara dan bagus dengan kakinya. Selain itu, Pique juga sering membantu rekan-rekannya menyerang ke depan.

Pemain berusia 29 tahun itu sudah memenangkan banyak gelar bersama Barca dan masih lapar akan gelar. Pique dan Ramos adalah salah satu pasangan bek yang bagus di timnas Spanyol meski keduanya sering saling ejek.

5. Bek Kiri
Bek Kiri
Marcelo

Jordi Alba adalah bek kiri yang fantastis. Ia juga menjadi andalan nomor satu di Barcelona maupun timnas Spanyol.

Namun, posisi bek kiri menjadi milik Marcelo. Suka atau tidak, Marcelo adalah salah satu bek kiri terbaik saat ini dan dengan mudah bisa masuk ke tim manapun.

6. Gelandang
Gelandang
Sergio Busquets

Keputusan Zinedine Zidane memainkan Casemiro di Camp Nou pada musim kemarin berbuah kemenangan yang mengejutkan. Dan absennya pemain asal Brasil itu sangat dirasakan Real Madrid sepanjang musim ini.

Meskipun begitu, Busquets adalah salah satu gelandang terbaik selama satu dekade terakhir. Meski penampilannya tidak terlalu impresif belakangan ini, ia masih sangat layak untuk diperhitungkan.

7. Gelandang
Gelandang
Luka Modric

Memilih antara Luka Modric, Toni Kross dan Ivan Rakitic memang bukan pekerjaan yang mudah. Namun, Modric adalah kunci dari permainan Real Madrid saat ini.

Modric bisa membaca permainan dengan baik dan tentunya memiliki kemampuan passing yang jempolan. Pemain Kroasia tersebut tak diragukan lagi adalah pembelian terbaik Jose Mourinho di klub.

8. Gelandang
Gelandang
Andres Iniesta

Iniesta mungkin sudah berusia 32 tahun tapi perannya masih sangat dibutuhkan Barcelona. Iniesta tak pernah tampil starter saat timnya kalah di musim ini dan cederanya berpengaruh besar terhadap penampilan Barcelona.

Gelandang kelas dunia ini berpeluang besar kembali ke lapangan saat laga El Clasico pada akhir pekan. Kehadiran Iniesta bisa menjadi kunci Barcelona untuk melawan Real Madrid.

9. Penyerang
Penyerang
Lionel Messi

Selalu menarik membahas tentang kehebatan Lionel Messi. La Pulgasudah memberikan kontribusi yang cukup besar atas kesuksesan Barcelona dan tercatat sebagai pencetak gol terbanyak di laga El Clasico.

Messi sudah memenangkan lima Ballon d’Or dan sangat difavoritkan untuk menjadi penentu kemenangan melawan Real Madrid. Pemain Los Blancos tentu harus bekerja ekstra keras untuk meredam kelincahan bintang Argentina tersebut.

10. Penyerang
Penyerang
Cristiano Ronaldo

Mungkin mimpi kebanyakan pecinta sepakbola adalah melihat Messi dan Ronaldo berada dalam satu tim. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk mencoret pemain Portugal tersebut.

Meski sempat menjalani awal musim yang sulit, Ronaldo mampu mencetak lima gol dalam dua pertandingan terakhir sehingga menjadi top skor di La Liga dengan 10 gol. Ronaldo tampil gemilang di Camp Nou musim lalu dengan menjadi penentu kemenangan Real Madrid atas Barcelona dalam laga El Clasico terakhir.

11. Penyerang
Penyerang
Luis Suarez

Neymar dan Gareth Bale mungkin bisa masuk di tim manapun di dunia tapi bukan di tim ini. Slot penyerang terakhir tentu saja jatuh kepada Luis Suarez.

Suarez mampu menunjukkan ketajaman yang luar biasa setelah ditransfer dari Liverpool. Kedatangannya mampu meningkatkan level Barcelona dan sang pemain baru saja memenangkan penghargaan Sepatu Emas Eropa.

12. Pelatih
Pelatih
Zinedine Zidane

Luis Enrique memenangkan treble di musim pertamanya tapi Zidane juga punya catatan yang luar biasa. Ia mampu memenangkan Liga Champions setelah hanya lima bulan diangkat menjadi pelatih Real Madrid.

Selain itu, Zidane mampu beradaptasi dengan skuat yang ada. Sementara itu, Enrique terlihat kesulitan saat ia kehilangan pemain kuncinya lantaran cedera.

(sumber:Bola.net)