Eks Mentan Era SBY Janjikan 50 Ribu Lowongan Pekerjaan di Brebes

Calon Bupati Brebes nomor urut satu Suswono berjanji membuka ribuan lapangan pekerjaan jika terpilih pada Pilkada Brebes 2017.

Menurut Suswono yang juga mantan Menteri Pertanian satu periode era Presiden SBY ini, lapangan pekerjaan dibutuhkan mengingat banyaknya potensi yang harus dikembangkan, khususnya di sektor industri dengan melibatkan para investor datang ke Brebes.

“Program kami akan menyediakan lowongan pekerjaan hingga 50 ribu lowongan. Khususnya yang kita dorong pertama di sektor pengembangan kawasan industri di Brebes,” ucap Suswono di sela-sela kegiatan Gathering Pelaku Usaha di Ballroom Hotel Grand Dian Brebes, Jateng, Kamis (15/12/2016).

Menurut politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, kawasan zona industri dapat menyerap ribuan tenaga kerja, sehingga dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat di Brebes.

“Kami optimistis ke depannya kalau ada kawasan industri di Brebes akan dipadati tenaga kerja padat karya,” dia menambahkan.

Selama ini, kata Suswono, investasi yang menanamkan modalnya di kawasan zona industri mulai dilirik dari berbagai perusahaan baik melalui Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA).

Di sisi lain, Upah Minimum Kabupaten (UMK) Brebes yang dinilai masih rendah yakni, Rp 1,3 juta inilah yang akan coba ditawarkan kepada para investor akan masuk ke Brebes.

“Kita akan dorong investor dari luar negeri ataupun dalam negeri untuk menanamkan investasinya di sini (Brebes). Tentu saja kita sudah siapkan penawaran yang menarik bagi para investor,” kata dia.

Suswono menegaskan, tidak akan menghalang-halangi ataupun berbelit-belit terkait perizinan kalau mau ada investor yang masuk.

“Kita tegaskan tidak ada kata semisal kalau mau bangun pabrik kita dapat apa dulu. Silahkan investor datang ke sini mari membangun Brebes agar semakin maju,” tegas dia.

Hingga kini, lanjut dia, investor dari luar negeri seperti Korea dan beberapa negara di wilayah Asia juga sudah melirik Kabupaten Brebes, untuk dikembangkan dalam sektor industri.

Selama ini, warga Kabupaten Brebes mencari lapangan pekerjaan ke luar daerah lain seperti, di DKI Jakarta, Tangerang, dan Tegal.

Jika dia menjadi Bupari Brebes nantinya, Suswono berkomitmen untuk membuat lapangan pekerjaan di daerah sendiri, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, juga mengantisipasi kemiskinan terstruktur.

Pasangan calon bupati dan wakil bupati yang diusung PKS dan Gerindra, Suswono yang berpasangan dengan Akhmad Muttaqin ‎ini akan bertarung melawan paslon incumbent Idza Priyanti-Narjo yang diusung tujuh parpol dan satu partai pendukung dalam Pilkada Brebes 2017.

Sumber : liputan6