Dubes Filipina Puji Antusiasme Warga Indonesia

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Filipina, Johny Lumintang mengapresiasi antusiasme yang ditunjukkan suporter Indonesia di Filipina. Mereka merasa terhibur sekaligus menjadi ajang melepas rindu terhadap tanah air.

Dalam dua laga tim nasional Indonesia di ajang Piala AFF 2016, banyak suporter Merah Putih yang datang ke Philippine Sport Stadium. Mereka tak mau kehilangan momen untuk mendukung timnas, meskipun sepakbola bukan olahraga nomor satu di Filipina.

Bahkan, ada beberapa Biarawati yang ikut mendukung Boaz Solossa dan kawan-kawan di bangku tribun penonton. Mereka juga nampak setia menyanyikan yel-yel dalam memberikan suport kepada pemain.

“Saya kira itu kebanggaan yang luar biasa dan merupakan hiburan juga bagi saudara-saudara kita yang mungkin sudah lama tidak kembali ke Indonesia. Saya juga terharu melihat Bendera Merah Putih yang terhias di stadion yang cukup prestisius” ujar Johny kepada awak media di KBRI, Metro Manila, Filipina, Rabu (23/11).

Johny menilai, antusias tersebut karena memang sepakbola jarang mereka lihat di Filipina. Ramainya penonton juga disebutnya karena ini merupakan event internasional pertama setelah Indonesia terbebas dari sanksi FIFA.

“Mereka semua di sini antusias karena sudah lama tidak melihat sepakbola. Di sini sepakbola kan seperti kelas bawah, sedangkan di Indonesia sepakbola itu merupakan olahraga rakyat” tutupnya.

(sumber:Bola.net)