Dua Gol Bunuh Diri Warnai Kemenangan 4-0 Arsenal atas Swansea

Swansea – Arsenal menang telak 4-0 kala bertandang ke Swansea City. Olivier Giroud dan Alexis Sanchez mencetak masing-masing satu gol, dua sisanya gol bunuh diri lawan.

Bertandang ke Liberty Stadium, Sabtu (14/1/2017) malam WIB, Arsenal sebenarnya kesulitan hampir sepanjang babak pertama. Upaya pertama The Gunners saja baru tercipta di menit ke-30.

Namun Arsenal berhasil mendapatkan momentum di menit ke-37 setelah kegagalan Swansea mengantisipasi serangan balik berbuah gol. Giroud membawa timnya memimpin memanfaatkan kesalahan pertahanan tuan rumah.

Arsenal memulai babak kedua dengan lebih menjanjikan. Tapi butuh bantuan pemain lawan untuk menambah keunggulan. Bunuh diri Jack Cork di menit ke-54 dan Kyle Naughton di menit ke-67 memperlebar selisih.

Alexis lantas menegaskan keunggulan Arsenal di menit ke-73. Skor ini bertahan sampai laga tuntas. Tiga poin membawa Arsenal naik ke posisi tiga sementara dengan nilai 44 dari 21 pekan, sedang Swansea tetap di posisi buncit dengan 15 angka.

Jalannya Pertandingan

Arsenal mencoba memegang kontrol permain sejak laga dimulai. Tapi usaha mereka membangun serangan mudah dipatahkan oleh Swansea.

Para pemain Arsenal gagal membangun serangan yang rapi. Beberapa kali umpan saat memasuki sepertiga akhir tak berjalan dengan baik.

Justru Swansea yang jadi kubu pertama melancarkan ancaman langsung, yakni pada menit ke-11. Kyle Naughton mendapatkan bola di sisi kanan dan melepaskan tendangan mendatar yang keras. Petr Cech dengan sigap menepis ke luar lapangan.

Empat menit berselang, Swansea kembali menebar bahaya untuk Arsenal. Kegagalan Shkodran Mustafi mengamankan bola berujung peluang untuk tuan rumah, di mana Gylfi Sigurdsson melepaskan tendangan jarak jauh. Beruntung bagi Arsenal, bola masih melambung.

Arsenal masih terus kesulitan menciptakan peluang bersih. Lini pertahanan Swansea tampil baik menutup jalur-jalur umpan tim tamu sehingga tak banyak mendapatkan ancaman.

Arsenal baru berhasil mencatatkan upaya pertama pada menit ke-30. Menyerang dari sisi kiri, Alexis Sanchez yang mendapatkan bola dari Alex Iwobi lantas bergerak memotong ke tengah dan melepaskan sepakan keras. Bola bisa ditahan oleh Lukasz Fabianski.

Tujuh menit kemudian, Arsenal memetik keunggulan dari sebuah serangan balik. Umpan silang Alexis dari kiri mulanya disundul Mesut Oezil, tapi terhalang bek Swansea Alfie Mawson.

Hanya saja Mawson gagal mengamankan bola, yang justru membentur kakinya dan mengarah ke Olivier Giroud. Giroud pun mencocornya ke gawang tanpa kesulitan berarti.

Di menit ke-43, Swansea mengklaim penalti setelah Ki Sung-yueng terjatuh di bawah tekanan Laurent Koscielny. Namun wasit menilai Ki berpura-pura dan justru menghadiahinya kartu kuning. Tayangan ulang menunjukkan kontak yang minimal antara kedua pemain.

Babak pertama berakhir untuk keunggulan Arsenal.

Arsenal memulai babak kedua dengan lebih menjanjikan. Sebuah kesalahan dari Ki membuat bola direbut Alex Iwobi dan kemudian dioper ke Alexis. Alexis coba melepaskan sepakan, tapi masih terhalang.

Di menit ke-52, Arsenal membuang kans bagus. Alexis melepaskan umpan terobosan dan diterima Aaron Ramsey di dalam kotak penalti. Tapi eksekusi Ramsey dari jarak dekat bisa dihalau Fabianski dengan kaki.

Dua menit berselang, Arsenal memperbesar keunggulan. Upaya Iwobi melepaskan umpan sialng mendatar membentur Jack Cork, lalu melambung melewati Fabianski yang berdiri sedikit jauh dari gawangnya. Bola pun berakhir di dalam gawang Swansea.

Swansea sempat balas mengancam. Sepakan Wayne Routledge meluncur ke arah gawang, tapi bisa ditahan Cech. Kemudian upaya Federico Fernandez masih melambung meski mendapatkan ruang tembak yang bagus.

Di menit ke-67, Arsenal mendapatkan gol lain dari bunuh diri pemain Swansea. Lagi-lagi tercipta dari aksi Iwobi yang mana kali ini menusuk dari sisi kiri. Usahanya untuk melepaskan umpan silang mendatar berbelok usai mengenai sentuhan Naughton dan bergulir masuk ke gawang.

Arsenal menambah keunggulan di menit ke-73. Alex-Oxlade Chamberlain coba mengoper ke Ramsey dan coba dipotong oleh Routledge. Tapi upayanya justru membuat bola mengarah ke Alexis dan kemudian dituntaskan dengan mudah oleh penyerang asal Chile itu.

Beberapa kali upaya Swansea mencari gol selalu kandas. Sebaliknya, Arsenal sempat mengancam lagi melalui sepakan keras Granit Xhaka. Fabianski masih sigap mengantisipasi laju bola.

Sampai laga selesai tak ada lagi gol tercipta, Arsenal menang 4-0.

sumber : detik.com