Dua Eksekutif Facebook Ini Hengkang, Siapa Penggantinya?

LiputanDoku.com – Facebook kehilangan dua eksekutif terbaik perusahaannya, yaitu Chris Cox dan Chris Daniels, yang masing-masing menjabat sebagai Chief Product Officer dan Head of WhatsApp. Keduanya mengundurkan diri seminggu setelah CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan rencananya untuk membentuk kembali perusahaan dan setelah setahun Facebook tersandung kasus menyangkut privasi data.

Chris Cox telah bekerja di Facebook selama lebih dari satu dekade dengan mengawasi seluruh aplikasi inti perusahaan, di mana kepala semua tim terpenting Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger, melapor kepadanya. Chris Cox bahkan dikabarkan akan menjadi kandidat CEO Facebook selanjutnya, seandainya Mark Zuckerberg pensiun dari jabatannya.

Sementara itu, Chris Daniels telah mengambil alih WhatsApp sejak Mei tahun lalu setelah salah satu pendiri WhatsApp, Jan Koum, hengkang dari perusahaan. Di bawah kepemimpinan Chris Daniels, WhatsApp telah membatasi fitur forward pesan untuk mengurangi penyebaran berita hoax.

Sementara itu, Chris Cox mengatakan salah satu alasannya hengkang dari perusahaan karena ia tidak begitu menyukai dengan rencana Zuckerberg yang ingin memimpin Facebook ke arah baru. Chris Cox menyebutkan bahwa untuk merealisasikan keinginan perusahaan, maka Facebook membutuhkan para pemimpin yang bersemangat untuk melangkah ke arah baru tersebut.

WhatsApp sendiri sekarang akan dipimpin oleh Will Cathcart. Sedangkan posisi Chris Cox tidak akan diisi oleh siapapun. Sebaliknya, semua kepala tim aplikasi perusahaan akan melapor langsung kepada Mark Zuckerberg. Dilansir dari The Verge, Mark Zuckerberg sendiri mengumumkan kabar hengkangnya dua eksekutif perusahaan melalui catatan resmi. Dalam catatan tersebut, Mark Zuckerberg juga mengucapkan terima kasih kepada Chris Cox dan Chris Daniels.

“Saya sangat berterima kasih atas semua yang telah dilakukan Chris Cox dan Chris Daniels di sini dan saya menantikan untuk bekerja sama dengan Will dalam peran barunya serta semua orang yang sangat penting untuk mencapai visi perusahaan,” tulis Mark Zuckerberg.

Sementara itu, sayangnya Chris Daniels tidak membeberkan alasan mengapa dirinya hengkang dari perusahaan dan melepaskan jabatannya sebagai Head of WhatsApp.

NB : Berita ini dibuat oleh LiputanDoku.com hanya untuk membantu dan memudahkan pembaca untuk melakukan Bettingan Bola. DetikDoku.com dengan tidak bertanggung jawab atas kekalahan yang terjadi baik material maupun non material dan semua itu sepenuhnya adalah tanggung jawab masing – masing pemain.