Dihadiahi Penalti Menit Akhir, Arsenal Tekuk Burnley 2-1

Liputansaku.com, Jakarta – Arsenal berhasil mengatasi Burnley 2-1 dalam laga pekan ke-22 Liga Primer Inggris meski harus bermain dengan 10 pemain sejak Granit Xhaka menerima kartu merah pada menit 65 di Stadion Emirates, London, Inggris, Minggu malam WIB, 22 Januari 2017.

Dua penalti, masing-masing untuk satu buah untuk kedua belah pihak mewarnai menit-menit tambahan pertandingan yang awalnya diumumkan akan berlangsung selama tujuh menit namun dilakoni hingga delapan menit.

Selain itu, diusirnya pelatih Arsenal, Arsene Wenger, pada menit 90+5 menyusul kericuhan kecil yang terjadi di dalam lapangan juga turut mewarnai laga tersebut.

Meski demikian, Arsenal berhasil meninggalkan pertandingan dengan raihan tiga poin penuh untuk melejit ke peringkat kedua klasemen dengan koleksi 47 poin, melompati Tottenham Hotspur (46) dan Liverpool (45) yang gagal meraih tiga poin penuh.

Sementara bagi Burnley (26), kekalahan itu membuat mereka melorot ke urutan ke-13 klasemen, disalip Southampton (27) yang berhasil meraih kemenangan di laga lain.

Meski tampil dominan, Arsenal harus menunggu hingga menit ke-59 untuk memecah kebuntuan lewat situasi sepak pojok yang dilepaskan Mesut Oezil dan disambut tandukan bek Shkodran Mustafi di area tiang jauh demi membuka keunggulan 1-0 atas Burnley.

Akan tetapi Arsenal lantas harus bermain dengan 10 pemain pada menit 65 ketika Xhaka berusaha merebut kembali bola dari Steven Defour, akibat umpan buruk yang dilepaskannya, dengan sebuah jegalan keras yang berujung kartu merah setelah Moss berkonsultasi dengan hakim garis.

Pada menit-menit menjelang akhir pertanndingan, Francis Coquelin menjatuhkan Ashley Barnes di dalam area terlarang. Moss pun menunjuk titik putih. Andre Gray yang menjadi algojo dengan dingin melesakkan bola melewati penjaga gawang Petr Cech pada menit 90+3.

Dua menit berselang, kericuhan terjadi di dalam lapangan. Ini berujung pada kartu kuning untuk Mustafi dan diusirnya Wenger dari tepi lapangan.

Namun rupanya Dewi Fortuna masih berpihak kepada tuan rumah. Sebab, pada menit ke-97 Ben Mee mengangkat kaki terlalu tinggi di dalam kotak penalti hingga menjatuhkan Laurent Koscielny yang tengah berupaya menyambut umpan silang Alexis Sanchez. Moss segera menunjuk titik putih.

Sanchez yang menjadi algojo dengan tenang memastikan kemenangan Arsenal 2-1 atas Burnley.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Utama Inggris:

Arsenal (4-2-3-1): Petr Cech (PG); Gabriel, Shkodran Mustafi, Laurent Koscielny, Nacho Monreal; Aaron Ramsey, Granit Xhaka; Alex Iwobi (Francis Coquelin), Mesut Oezil (Hector Bellerin), Alexis Sanchez; Olivier Giroud (Danny Welbeck)
Pelatih: Arsene Wenger

Burnley (4-4-2): Tom Heaton (PG); Matthew Lowton, Michael Keane, Ben Mee, Stephen Ward; George Boyd, Dean Marney (James Tarkowski), Jeff Hendrick (Joey Barton), Steven Defour (Sam Vokes); Andre Gray, Ashley Barnes
Pelatih: Sean Dyche

 

 

 

Tempo.co