Dicurhati Soal Sampah, Cagub Rano Janjikan TPST di Tangerag

Calob gubernur Tangerang. Rano karno

Liputansaku.com, Jakarta – Warga Kosambi Barat, Kabupaten Tangerang, berbicara tentang kegelisahan soal kebersihan di wilayahnya. Sampah berserakan, termasuk di bantaran sungai, membuat risi warga.

Apalagi daerah dekat Bandara Soekarno-Hatta ini banyak berdiri pergudangan, industri, dan permukiman yang dekat pesisir.

“Kebersihan di sini masih jadi masalah yang perlu diselesaikan, apalagi banyak industri,” kata Tukiran menyampaikan keluhannya kepada calon Gubernur Banten nomor urut 2 Rano Karno, Jumat (6/1/2017).

Selain soal sampah, warga meminta agar jalan diperbaiki dan sarana rumah ibadah dibangun. Curhat ini ditampung Rano.

Menurut Rano, keluhan soal sampah bermula dari populasi yang semakin meningkat di Tangerang. Selain itu, pertumbuhan industri dan pembangunan pergudangan juga membuat lahan semakin tergerus.

Untuk menanggulangi permasalahan sampah, cagub yang biasa dipanggil si Doel ini berjanji akan membuat tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) di Tangerang.

“Sebagai daerah pergudangan, populasi terus bertambah, lahan berkurang, perlu adanya terobosan. Alhamdulillah, Banten mendapat proyek TPST nasional di Tangerang,” kata Rano.

Menurutnya, pembangunan TPST sudah direncanakan dan tinggal dikoordinasikan dengan pemerintah kabupaten dan kota.

“(Usulan) bukan sekedar didengar kemudian diempaskan, tidak, kita berbicara wewenang antara pemda dan pengelola. Itu wajar sebagai sebuah keinginan. Nanti akan kita pilih sebagai prioritas-prioritas,” katanya.

 

 

detikcom