Di Burj Khalifa, Satu Gedung Ada 3 Waktu Buka Puasa, Kok Bisa?

LiputanDoku.com – Sebagai bangunan tertinggi yang pernah dibuat oleh manusia, gedung Burj Khalifa yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab tentunya punya banyak keistimewaan.

Salah satu keistimewaan tersebut tampak di bulan Ramadan ini, ketika umat Muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa.

Bukan hanya sebagai tempat wisata saja, gedung Burj Khalifa memang digunakan pula sebagai hotel dan apartemen bagi penduduk Dubai.

Nah, di bulan Ramadan ini, mereka yang tinggal di Burj Khalifa pun akan mengalami 3 waktu buka puasa yang berbeda.

Dilansir di The National UAE, hal ini disebabkan karena perbedaan lantai yang ada akan memengaruhi orang-orang yang tinggal di Burj Khalifa dalam melihat matahari terbenam.

Ya, dengan ketinggian 828 meter, gedung pencakar langit satu ini pun terpaksa dibagi menjadi 3 zona waktu berbuka.

Ilustrasi buka puasa bersama di bulan Ramadan. (Shutterstock)
Ilustrasi buka puasa bersama di bulan Ramadan. (Shutterstock)

Semakin tinggi lokasimu di Burj Khalifa, maka semakin lama matahari akan terlihat terbenam. Akibatnya, waktu berbuka puasa pun harus disesuaikan dengan kapan matahari terbenam.

Hal ini dibenarkan oleh Dr Ahmed Al Haddad, kepala Islamic Affairs and Charitable Activities Department di UAE yang mengatakan, ”Tak peduli di mana pun kamu berada, kamu harus melihat matahari terbenam. Kamu tidak berbuka puasa sampai kamu bisa melihat matahari terbenam.”

Pertama, penduduk yang tinggal di lantai 80 ke bawah dapat berbuka puasa pada waktu yang sama dengan orang-orang lain di Dubai, tepat saat azan Magrib terdengar.

Sementara, mereka yang tinggal di ketinggian 414 meter atau lantai 80-150 baru akan berbuka 2 menit kemudian.

Terakhir, untuk yang tinggal di lantai 150 ke atas, buka puasa baru akan dilakukan 3 menit setelah azan Magrib berkumandang.

Tak hanya berlaku untuk buka puasa, hal ini rupanya juga berlaku untuk waktu sholat dan imsak di Burj Khalifa.

Berkebalikan dengan buka, mereka yang tinggal di atas lantai 80 akan mengalami Subuh dan imsak lebih awal.

Buat kamu yang berkesempatan ke Burj Khalifa saat Ramadan, jangan lupa perhatikan lantai tempatmu berada ya.
NB : Berita ini dibuat oleh LiputanDoku.com hanya untuk membantu dan memudahkan pembaca untuk melakukan Bettingan Bola. DetikDoku.com dengan tidak bertanggung jawab atas kekalahan yang terjadi baik material maupun non material dan semua itu sepenuhnya adalah tanggung jawab masing – masing pemain.