Chappy Hakim Ditunjuk Sebagai Presdir Freeport Indonesia

PT Freeport Indonesia akan menunjuk Chappy Hakim sebagai Presiden Direktur‎ yang baru. Sebelumnya Chappy merupakan penasihat senior di perusahaan tambang asal Amerika Serikat tersebut sejak Agustus 2016.

“Pak Chappy Hakim akan ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia‎,” ujar Juru Bicara Freeport Indonesia ‎Riza Pratama melalui pesan singkat kepada Liputan6.comdi Jakarta, Minggu (20/11/2016).

Sebelum resmi ditunjuk, lanjut Riza, pihaknya telah melakukan konsultasi dengan pemerintah Indonesia terkait hal ini. Saat ini proses tersebut tengah menunggu persetujuan dari para pemegang saham, termasuk pemerintah Indonesia.

“Penunjukan tersebut telah dilakukan setelah berkonsultasi dengan pemerintah Indonesia. Dan sedang dalam proses untuk memperoleh persetujuan resmi dari pemegang saham.

Sebagai informasi, Chappy mulai bergabung dengan Freeport setelah menyelesaikan karirnya di Angkatan Udara Indonesia. Jabatan terakhirnya yaitu Kepala Staf Angkatan Udara dengan pangkat Marsekal.

Chappy juga pernah menjabat sebagai Ketua Tim Nasional Evaluasi Keselamatan dan Keamanan Transportasi, anggota staf ahli di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Kelautan dan penasihat di Asosiasi Aircraft Component Kementerian Perindustrian.

Chappy merupakan lulusan Akabri Udara Tahun 1971, Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau), Sekolah Staf dan Komando Gabungan (Seskogab) dan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). Dia juga merupakan kolumnis di berbagai media nasional, pembicara di berbagai universitas serta seminar nasional dan internasional. Saat ini lebih dari 15 buku utama tentang penerbangan dan pertahanan telah dia dihasilkan.

(sumber:liputan6)