Cerita Menteri Lukman Saat Semobil dengan Raja Salman

Kedatangan Raja Salman dan rombongan Kerajaan Arab Saudi mendapat sambutan begitu meriah dari masyarakat Indonesia. Tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Raja Salman langsung menuju ke Istana Bogor untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi.

Dari Bandara hingga ke Istana Bogor, Raja Salman menumpang mobil limosin berpelat merah bertuliskan ‘Saudi Arabia’. Selama perjalanan, Raja ke-7 Arab Saudi itu didampangi oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Sesaat ditemui usai pertemuan bilateral dengan delegasi Kerajaan Arab Saudi, Lukman Hakim sempat berbagi cerita mengenai apa saja yang dilakukan saat semobil dengan Raja Salman.

Lukman mengatakan, dalam perjalanan, Raja Salman mengaku kaget sekaligus terkesan dengan penyambutan masyarakat Indonesia kepadanya.

“Raja sangat terkesan dengan sambutan yang luar biasa dari masyarakat Indonesia,” ungkap Lukman di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3/2017).

Lukman menceritakan, antusiasme warga Indonesia yang tinggi menyambut kedatangan dirinya. Mereka rela keluar rumah hanya untuk menyaksikan kedatangan Raja. Bahkan, ketika hujan deras mengguyur Bogor, warga tetap setia menunggu.

“Ini sesuatu yang sangat surprise bagi dia dan dia sangat menghargai betapa cintanya masyarakat Indonesia kepada Raja,” ucap politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Semua sambutan yang ditunjukkan oleh Indonesia tak hanya menunjukkan hubungan yang sangat baik antarkedua negara. Kedua negara juga memiliki kedekatan emosional dari sisi sejarah dan keagamaan.

“Saya mengatakan, mereka seperti itu karena hubungan tidak hanya sejarah panjang tetapi keagamaan,” pungkas Lukman.

Raja Salman dan rombongan datang ke Indonesia menggunakan pesawat Saudi Arabian, Rabu (1/3/2017). Raja Salman keluar pesawat pukul 12.48 WIB. Raja Salman membawa sekitar 1.500 rombongan termasuk menteri dan sejumlah pangeran.

Sementara itu, untuk menyambut kedatangan Raja Salman ke Istana Bogor, Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Pendidikan mengerahkan 60 ribu orang terdiri 50 ribu pelajar SD hingga SMA dan 10 ribu guru dan tenaga pendidik.

Raja Salman dan rombongannya berada di Indonesia pada 1-9 Maret 2017. Kegiatan kenegaraan akan dilaksanakan pada 1-3 Maret. Sedangkan pada 4-9 Maret, rombongan Raja Salman akan berlibur di Bali.

Sumber : liputan6