Bukit Cekong, Atap Surga di Sulawesi Untuk Weekendmu Lebih Seru

Bukit cekong

Liputansaku.com, Sulawesi – Kalau weekend sudah menyapa, seringkali semangat jadi menggebu-gebu, begitu kan? Kamu jadi antusias menyambut hari libur dengan berbagai rencana wisata. Kali ini Travelingyuk menyarankan untuk datang ke Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Tempat ini identik dengan wisata alam berupa bukit-bukit tinggi yang mengagumkan. Ada banyak puncak yang bisa kamu datangi, misalnya saja Bukit Cekong.

Sebenarnya ketenaran tempat ini terjadi belum lama, fungsinya sebagai tempat wisata juga baru-baru ini diketahui oleh masyarakat luas. Secara administratif Bukit Cekong berada di wilayah Kecamatan Anggareja. Dari pusat kuta kamu harus menempuh perjalanan melewati jalur yang berkelok-kelok. Namun di sisi-sisinya ada pepohonan rindang dan pemandangan alam yang menawan. Lelah dalam perjalanan tidak akan terasa dan setelah tiba kamu akan hanyut dalam kekaguman terhadap tempat yang luar biasa. Seperti Apa Bukit Cekong itu? Berikut ini informasi selengkapnya.

Menguji Keberanian dan Memacu Andrenalin

Bukit Cekong [image source]

Bukit Cekong [image source]

Sejak semula, kawasan Bukit Cekong sudah diperuntukkan bagi penyuka olahraga ekstrem yang seru dan menantang. Sebelum populer seperti sekarang, kegiatan yang bisa ada di sana adalah balapan trail, arenanya juga bisa digunakan untuk grasstrack. Kamu yang menonton saja bisa tegang namun juga senang karena dapat melihat pemandangan cantik di kejauhan. Melihat potensi itu, ada beberapa pihak yang mencoba mengembangkan Bukit Cekong dengan menambah fasilitas serta mempromosikannya sebagai destinasi wisata pegunungan berudara sejuk.

Mencoba Swing Extreme di Atas Jurang

Bukit Cekong [image source]

Bukit Cekong [image source]

Jika kamu kurang suka dengan balapan, masih ada fasilitas yang lain yang nggak kalah mendebarkan. Sekali mencoba, jantungmu akan dipicu dan andrenalin akan mengalir deras. Ya, cobalah swing extreme, sebuah ayunan di mana kamu mengayun di pinggir jurang yang memiliki ketinggian 150 meter. Untuk mencoba ayunan seru yang dilengkapi pengaman kuat ini kamu cukup membayar Rp. 10 ribu. Hal ini sesuai dengan kesepakatan pengelola yang dibantu oleh pemuda Dusun Pulauan, Desa Bambapuan.

Menyediakan Wahana Outbond yang Seru

Bukit Cekong [image source]

Bukit Cekong [image source]

Adanya Bukit Cekong sebagai lokasi olahraga dan wisata membawa harapan baru untuk bumi Massenrempulu dan membuat Enrekang jadi semakin bersahabat untuk para traveler baik lokal maupun mancanegara. Sampai saat ini pun fasilitasnya terus dilengkapi dan dikembangkan. Salah satu upaya nyata yang terlihat adalah pembuatan arena outbond lain dan wahana Flying Fox. Mungkin di tempat lain ada banyak kawasan dengan area outbond. Namun Bukit Cekong punya ciri khas yang nggak akan kamu temukan di tempat lain.

Memandangi Keindahan dari Teras Pohon

Bukit Cekong [image source]

Bukit Cekong [image source]

Kalau kamu ke sini jangan hanya sendiri, meski terkadang Bukit Cokong bisa menghadirkan ketenangan dan menyandingkanmu dengan sepi. Manfaatkan perlengkapan flying fox dan meluncur dari ketinggian, kemudian baik pohon dan duduk-duduk di teras buatan dari besi dan kayu dengan kontraksi kuat ditahan oleh pohon pinus. Segarkan pikiranmu dengan memandang gugusan bukit yang hijau. Bahkan kamu juga bisa melihat Buttu Kabobong, sebuah gunung yang katanya mirip dengan organ vital wanita.

Menikmati Bukit Cekong dalam sehari mungkin belum membuat kamu puas, jangan khawatir karena tersedia area berkemah yang luas dan teduh oleh pohon-pohon rindang. Jadi, jangan lupa membawa tenda ya! Kalau nggak mau ribet dengan makanan kamu bisa juga mengandalkan penjual kuliner di sekitar tempat wisata itu.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan di Bukit Cekong, Atap surgawi di Tanah Sulawesi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(sumber: traveling yuk)