BNPT Jadi Leading Sector dalam Pemberantasan Terorisme

Anggota Komnas Hak Asasi Manusia (HAM), Roichatul Aswidah setuju dengan keingin Fraksi Golkar di DPR untuk mendorong Badan Nasional Penanggulangan Terorime (BNPT) menjadi leading sector dalam penanggulangan terorisme.

“Kami setuju BNPT untuk menjadi leading sector dalam area dimensi pencegahan yang tadi berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga. Nah itu juga yang cukup penting untuk juga kita diskusikan dalam satu titik untuk melakukan koordinasi dalam pencegahan,” kata Roichatul di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (6/12/2016).

Wanita yang akrab disapa Roi itu menuturkan, memang seharusnya ada sebuah badan untuk memimpin terutamanya untuk koordinasi langkah-langkah diluar penindakan karena dimensi pencegahan diperlukan kelembaban seperti BNPT.

“Jadi pencegahan dan penindakan harus seimbang yang sangat penting untuk penindakan terorisme dan itu tidak bisa ditinggalkan dan itu saya kira perlu dikuatkan karena penindakan sejauh ini kepolisian sudah memimpin dengan baik tapi memang dengan catatan-catatan,” tutur Roi.

Sementara itu di tempat yang sama pengamat terorisme, Rakyan Adibrata mengatakan, wacana penguatan BNPT oleh Fraksi Golkar adalah langkah yang tepat dalam rangka meningkatkan kapabilitas BNPT dalam menghadapi ancaman terorisme kedepannya yang jauh lebih canggih.

“Penguatan yang dimaksud adalah pemberian kewenangan-kewenangan kepada BNPT dalam mengkoordinir Kementerian dan Lembaga Negara agar dapat singkron dalam penanggulangan terorisme dari sisi pencegahan, penindakan dan penanganan,” ujar Rakyan.

Sumber : tribunnews