Bikin Penasaran, Ini Alasan Kenapa Mobil Pejabat Banyak yang Berwarna Hitam

LiputanDoku.com – Pada umumnya, ketika memilih warna mobil, konsumen akan mengaitkan dengan beberapa preferensi pribadi. Semakin beragamnya pilihan warna mobil, warna hitam dan putih masih cukup banyak pemintanyaa. Mobil warna hitam pun, warna favorit bagi para pejabat, seperti presiden, menteri hingga pejabat pemerintahan. Dan ternyata, ada alasan kenapa mobil pejabat banyak yang berwarna hitam. Penasaran?

Kembali ke abad 19, saat itu industri otomotif begitu masif menggunakan warna hitam, dengan jenis cat hitam enamel, yang dianggap paling cepat kering, dibandingkan dengan jenis cat Polychrome Lacquer.

Seperti dilansir Top Gear, pada 1924, perusahaan cat DuPont Chemical Company berhasil menciptakan jenis cat, yang cocok untuk kendaraan. Selain lebih cepat kering, cat Duco Satin Finish Lacquer juga bisa mempercepat waktu pengeringan cat mobil, dari 300 jam jadi hanya 14 jam saja.

Jenis cat tersebut pertama kali digunakan pada mobil sedan Oakland lansiran tahun 1924. Produsen mobil asli Amerika, Ford, yang sebelumnya hanya memberikan pilihan warna hitam pun, menawarkan beberapa opsi warna, meski dengan nuasa warna yang juga cenderung gelap.

Dari sisi psikologis, warna hitam berkaitan dengan kekuatan, kemewahan, formailtas dan juga kualitas. Tak cuma itu, warna hitam juga menunjukkan kekuatan dan kekuasaan.

Mobil Presiden RI 1
Mobil Presiden RI 1.

Di Amerika Serikat, pemilihan warna hitam pada mobil presiden dan staf kepresidenan, juga bermaksud membedakkan dari mobil milik pemerintah yang lain seperti mobil polisi, pemadam kebakaran hingga kendaraan militer.

Dengan latar belakang psikologi warna itulah, yang membuat mobil pejabat banyak yang berwarna hitam. Jadi tidak penasaran lagi, kan?

NB : Berita ini dibuat oleh LiputanDoku.com hanya untuk membantu dan memudahkan pembaca untuk melakukan Bettingan Bola. DetikDoku.com dengan tidak bertanggung jawab atas kekalahan yang terjadi baik material maupun non material dan semua itu sepenuhnya adalah tanggung jawab masing – masing pemain.