Begini Skenario Indonesia agar Lolos ke Semifinal Piala AFF 2016

Timnas Indonesia kembali meraih hasil mengecewakan di Piala AFF 2016. Pada laga kedua Grup A, pasukan Alfred Riedl gagal mengalahkan tuan rumah Filipina, Selasa (22/11/2016). Sempat unggul dua kali, Indonesia dipaksa bermain imbang 2-2.

Indonesia memulai laga melawan Filipina dengan baik. Di menit ketujuh, bek Fachruddin Aryanto membawa Indonesia unggul usai memanfaatkan umpan Stefano Lilipaly. Filipina bisa menyamakan skor di menit 31 melalui aksi Misagh Bahadoran.

Di babak kedua, tepatnya pada menit 68, Indonesia kembali memimpin setelah sontekan Boaz Solossa bersarang ke gawang Filipina. Kemenangan yang sudah di depan mata sirna setelah Phil Younghusband memperdaya Kurnia Meiga Hermansyah lewat tendangan bebas.

Hasil imbang ini membuat Indonesia terpuruk di dasar klasemen Grup A. Dari dua laga, Boaz dkk cuma mendapat satu angka. Di laga pertama, Skuat Garuda dilumat Thailand 2-4.

Kondisi ini membuat Indonesia terancam tidak bisa lolos ke babak semifinal Piala AFF 2016. Syarat untuk mendapatkan tiket ke semifinal sangat berat.

Indonesia harus menang pada laga pamungkas Grup A, Jumat (25/11/2016), melawan Singapura, yang sama-sama baru mengemas satu angka. Tak hanya menang, nasib Indonesia juga bergantung pada laga lainnya.

Kemenangan atas Singapura akan sia-sia jika di saat yang bersamaan Filipina mampu mengalahkan Thailand. Saat ini Filipina berada di posisi dua klasemen dengan dua angka.

Celakanya, Thailand kemungkinan besar akan menyimpan kekuatannya dan memainkan pemain lapis kedua kala bersua Filipina. Pasalnya Thailand sudah dipastikan menjadi juara Grup A karena selalu menang dari dua laga.

Dengan Thailand menurunkan pemain-pemain lapis kedua, Filipina punya peluang bagus untuk meraih poin penuh di laga terakhir.

Indonesia baru akan lolos ke semifinal mendampingi Thailand jika menang atas Singapura dan Filipina minimal hanya bermain imbang dengan Thailand.

(sumber:Liputan6)