Batu Tua Ini Terjual Rp 11,3 Miliar, Apa Istimewanya?

Sebuah batu yang ditemukan pada tahun 1913 terjual dengan harga fantastis. Dalam lelang yang diadakan di Los Angeles, Amerika Serikat batu tersebut dijual dengan harga US$ 850 ribu atau setara dengan Rp 11,3 miliar.

Harga mahal yang dibebankan bukanlah tanpa alasan. Melansir BBC, Minggu (20/11/2016), batu tua tersebut ternyata berisi 10 firman tuhan (oldest ten commandments) yang merupakan kepercayaan orang Israel.

10 firman tuhan merupakan daftar perintah agama dan moral yang diberikan kepada bangsa Israel melalui perantara Musa di Gunung Sinai. Saat itu Musa menerima firman tersebut dalam bentuk tulisan yang tertoreh di atas dua tablet batu.

Tulisan dalam batu tersebut ditulis dalam bahasa Ibrani awal. Batu yang berukuran tinggi 60 cm tersebut pertama kali ditemukan di sebuah lokasi penggalian saat stasiun kereta api di Yavneh, Israel dibangun. Setelah penemuannya, batu tersebut sempat berpindah tangan beberapa kali sampai akhirnya dilelang oleh rumah lelang Heritage Auctions.

Pemilik tablet batu ini diharapkan bisa menjaga kondisi dari barang langka tersebut. Karena termasuk aset nasional Israel, pemilik juga diharuskan untuk menempatkan batu sebagai pajangan agar bisa dilihat oleh orang banyak.

Batu yang bertuliskan 10 firman Tuhan yang terjual itu dipercaya sempat menghiasi sinagoga di Israel yang kemudian dihancurkan oleh bangsa Roma pada era 400 hingga 600 sebelum masehi.

(sumber:liputan6)