Arus Balik Libur Panjang, Gardu Cikarang Utama Padat

Puncak arus balik libur panjang di ruas tol Jakarta-Cikampek terus terjadi peningkatan. Arus terlihat padat. Bahkan, kemacetan menuju Jakarta, terjadi hingga 3 kilometer panjangnya.

Seperti yang terlihat di Gerbang Tol Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada Senin 12 Desember 2016 pukul 23.00 WIB.

Kepala Sift Gerbang Tol Cikarang Utama Tirto Nugroho, menjelaskan jika volume kendaraan yang melintas ke arah Jakarta telah mencapai 45 ribu kendaraan, dan akan terus bertambah hingga Selasa dini hari (13/12/2016).

Pihak Jasamarga sendiri telah memberlakukan sistem gerbang tol otomatis (GTO), menjadi manual. Hal itu untuk mengurangi kepadatan kendaraan yang masuk ke gerbang Cikarang Utama pasca arus balik libur memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Antrean mencapai 3 Km. Ada 23 gerbng tol yang dibuka, termasuk sebanyak 4 GTO yang ditutup sementara dan dijadikan gerbang manual. Kita juga telah menyiapkan petugas tol di gardu GTO yang dijadikan manual. Sehingga, arus kendaraan yang masuk tidak mengular,” jelas dia di lokasi, Senin malam.

Pihak Jasamarga juga mencatat, terjadi peningkatan jumlah kendaraan sebanyak 15 persen dari hari biasanya yang masuk ke gerbang tol Cikarang Utama. Sementara itu, hingga saat ini, arus kendaraan yang masuk masih didominasi oleh kendaraan pribadi.

Sumber : liputan6