Anjuran Makan 3 Butir Kurma Saat Buka Puasa, Ini Alasannya Menurut Sains

LiputanDoku.com – Anjuran Makan 3 Butir Kurma Saat Buka Puasa, Ini Alasannya Menurut Sains

Selama bulan Ramadan ini Anda tentu sering mendengar anjuran berbuka puasa dengan tiga butir kurma. Ya, kurma memang buah dengan citarasa manis sehingga baik untuk menaikkan kadar gula darah yang turun selama berpuasa.

Nah, tahukah Anda mengapa kurma yang dianjurkan Rasulullah hanya tiga butir? Disampaikan ahli gizi RS Cipto Mangunkusumo, Triyani Kresnawan, DCN, MKes, RD, kurma merupakan buah dengan kandungan gula yang cukup tinggi.

Dalam 100 gram kurma atau sekitar 10 butir kurma mengandung 282 kalori dan 75 gram karbohidrat. Itu sebabnya kurma sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan.

“Jadi maksudnya itu keistimewaan kurma karena begitu dimakan bisa meningkatkan gula darah. Tapi tentu tidak boleh berlebihan,” ujar Triyani di sela-sela temu media di Kementerian Kesehatan, baru-baru ini.

Triyani mengatakan ketika dikonsumsi berlebihan maka kurma bisa memicu penumpukan karbohidrat yang pada gilirannya dapat meningkatkan kadar trigliserin atau lemak dalam darah.

“Jadi makannya jangan sampai sekotak habis juga. Harus dibatasi agar tidak menimbulkan penumpukan trigleserin dalam darah,” imbuhnya.

Menyoal jenis kurma basah dan kering, Triyani mengatakan kandungannya pun sama saja.

Jadi sekarang sudah tahu kan kenapa makan kurma dianjurkan tiga butir oleh Rasulullah? Selamat berbuka puasa ya!

NB : Berita ini dibuat oleh LiputanDoku.com hanya untuk membantu dan memudahkan pembaca untuk melakukan Bettingan Bola. DetikDoku.com dengan tidak bertanggung jawab atas kekalahan yang terjadi baik material maupun non material dan semua itu sepenuhnya adalah tanggung jawab masing – masing pemain.