Ani Yudhoyono Akan Dimakamkan di Depan Pusara Ibu Negara Ainun Habibie

LiputanDoku.com – Jenazah Ani Yudhoyono, istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6/2019) bakda Zuhur.

Iri Sapria, Kepala Subdit TMP Nasional Kalibata kepada Suara.com, Sabtu (1/6/2019), mengatakan Ibu Ani dimakamkan di Blok M Nomor 129.

“Ibu Negara Ani Yudhoyono akan dimakamkan persis di depan pusara Ibu Negara Ainun Habibie. Di sekitarnya,” kata Iri Sapria.

Ia mengatakan, di sekitar makam Ibu Ani terdapat pusara dua wakil presiden era Presiden Soeharto, yakni Adam Malik dan Umar Wirahadikusuma.

Ia mengatkaan, Ani Yudhoyono akan dimakamkan secara kemiliteran.

“Akan dimakamkan secara militer. Hari ini, kami sedang menyiapkan lahan kuburannya, liang lahad. Tendanya nanti akan disiapkan dari pihak Sekretariat Negara,” kata Iri Sapria.

Dalam upacara militer nanti, terdapat garnisun yang akan ditugaskan untuk menyambut jenazah Ani Yudhoyono.

“Proses upacara kemiliterannya akan digelar di depan TMP Kalibata,” jelasnya.

Ani Yudhoyono meninggal dunia di National University Hospital, Singapura, Sabtu (1/6/2019) pukul 11.50 waktu setempat.

SBY dan keluarga besar sudah ikhlas melepas kepergian Ani  Yudhoyono untuk bersitirahat secara tenang.

“Bapak SBY dan keluarga besar sudah merasa ikhlas melepas kepergian Ibu Ani yang kita cintai untuk selama-lamanya,” kata Hatta Radjasa mewakili keluarga besar SBY di NUH Singapura, Sabtu (1/6) siang.

“Kami juga menghaturkan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak, masyarakat Indonesia yang sudah banyak memberikan perhatian dan doa selama Ibu Ani berjuang di rumah sakit,” tuturnya.

“Kami juga memohon maaf jika selama hidupnya, Ibu Ani Yudhoyono memunyai kesalahan dan kekhilafan.”

Ia menuturkan, meminta kerendahan hati semua pihak untuk turut mendoakan agar Ani Yudhoyono diberikan kemudahan dan kelapangan menghadap Yang Kuasa.

“Insya Allah, kita doakan Ibu Ani Yudhoyono yang kita cintai khusnul khatimah,” tutur Hatta.

Sebelumnya diberitakan, Istri Presiden ke-6 RI SBY tersebut wafat setelah sudah berjuang untuk melawan penyakitnya, kanker darah.

“Innalillahi wainnailaihi rojiun, bu Ani telah meninggal dunia pada 11.50 waktu Singapura,” kata politikus Partai Demokrat Andi Arief mengonfirmasi kabar tersebut.

Sebelumnya, Ani Yudhoyono masih dirawat secara intensif karena kanker darah di Ruang Intensive Care Unit National University Hospital Singapura.

Berikut jadwal rencana pemakaman Ibu Ani Yudhoyono:

Sabtu, 1 Juni

  • Disemayamkan di KBRI Singapura
  • Dimandikan dan disalatkan

Minggu, 2 Juni

  • 06.00 waktu Singapura, persiapan Jenazah diberangkatkan ke Indonesia.
  • 07.00 waktu Singapura, Jenazah diberangkatkan, Pesawat C-130 Hercukes menuju Halim P.K.
  • 08.00 WIB, Jenazah tiba di Lanud Halim Perdanakusuma menuju Kediaman Puri Cikeas.
  • 12.00 Bakda Dzhuhur, Salat Jenazah
  • 13.00, Jenazah tiba di TMP Kalibata dan dimakamkan dengan Upacara Militer.

    NB : Berita ini dibuat oleh LiputanDoku.com hanya untuk membantu dan memudahkan pembaca untuk melakukan Bettingan Bola. DetikDoku.com dengan tidak bertanggung jawab atas kekalahan yang terjadi baik material maupun non material dan semua itu sepenuhnya adalah tanggung jawab masing – masing pemain.