8 Situasi Ini Bikin Anda Tenang-tenang Saja Meski Gaji Turun

Gaji tinggi adalah idaman setiap orang. Namun perjalanan untuk mendapatkan upah terbaik tidak selalu mulus. Sewajarnya, gaji memang seharusnya semakin naik. Tapi kenyataan tidak selalu seindah harapan.  Ada saja peristiwa yang membuat Anda gagal mendapat kenaikan gaji atau membuat gaji Anda dipotong.

Berdasarkan survei situs Payscale, seseorang yang usianya di atas 45 tahun akan sulit mengalami kenaikan. Bahkan tidak sedikit yang mengalami pemotongan. Tapi enam situasi ini seharusnya membuat Anda tenang-tenang saja meski pendapatan menurun seperti dikutip dari CekAja.com:

Ketika Anda memutuskan untuk beralih profesi

Saat Anda sudah memutuskan untuk beralih karier dan mengejar impian Anda, misalnya menjadi koki, desainer, atau penulis, langkah pertama adalah menyiapkan mental untuk memiliki pendapatan yang lebih sedikit. Karena ketika Anda banting setir, Anda harus meniti karier dari awal lagi.

Ini artinya, Anda harus siap menerima pendapatan lebih sedikit karena terhitung belum berpengalaman. Jadi ketika gaji Anda dari pekerjaan sekarang dipotong, Anda tidak terlalu risau.

Ketika Anda menginginkan lebih banyak life balance

Seringkali gaji yang tinggi didapatkan dengan mengorbankan life balance. Dengan kata lain hari-hari Anda disibukkan dengan bekerja. Jarang sekali punya waktu untuk bersantai, untuk diri sendiri, dan untuk keluarga.

Ketika beban kerja sudah tidak tertahankan, sudah saatnya untuk mencari pekerjaan baru meskipun dengan gaji yang lebih kecil. Jangan khawatir, karena menurut riset Accenture tahun 2013, karyawan yang punya work-life balance justru berpeluang lebih besar untuk jadi sukses.

Ketika Anda memutuskan untuk membangun bisnis sendiri

Ketika Anda memutuskan untuk menjadi bos untuk diri sendiri, Anda harus siap untuk mendapatkan uang lebih sedikit di awal-awal. Bisnis tidak langsung begitu saja jadi besar.

Ada banyak rintangan untuk bisnis dengan ide terhebat sekalipun. Apalagi kalau Anda mengalami kendala keterbatasan modal, Anda harus rela mengorbankan tabungan.

Tidak punya pilihan

Ketika Anda tidak punya pilihan lain

Di tengah sulitnya mencari pekerjaan, situasi ketika Anda mendapatkan pekerjaan baru dengan gaji lebih sedikit lebih baik daripada menganggur. Misalnya jika Anda korban PHK, Anda mengambil setiap kesempatan yang datang meskipun gajinya jauh lebih rendah dari pekerjaan sebelumnya.

Tapi jangan terlalu lama bertahan dipekerjaan tersebut. Karena Anda harus tetap mendapatkan bayaran yang sesuai dengan kemampuan Anda. (Baca juga: Kamu Orang yang Narsis? Ini Dampaknya Bagi Karier)

Ketika Anda tidak bisa membayangkan melakukan pekerjaan lain

Ketika sudah berbicara tentang passion, persoalnya pendapatkan rendah pun terkadang tak jadi masalah besar. Passion adalah melakukan apa yang Anda cintai dan impikan, meskipun Anda tidak mendapatkan banyak uang dengan melakukannya.

Misalnya Anda tetap menjadi guru meski tahu perolehannya tidak besar. Meski demikian, Anda sangat mencintai pekerjaan tersebut dan tidak berniat alih profesi.