7 Tips Menghemat Baterai Kamera

Saat ini memotret menjadi salah satu aktivitas yang lazim dilakukan sebagai hobi, sehingga tak melulu dilakukan oleh kalangan profesional.

Tentu saja, semua fotografer–baik profesional, hobbyst, maupun amatir–akan setuju bahwa kehabisan baterai saat memotret menjadi momen yang paling ditakutkan.

Memang selalu membawa baterai cadangan bisa jadi salah satu solusinya, tapi sebenarnya ada beberapa cara mudah dan umum dilakukan untuk bisa menghemat baterai saat memotret. Mau tahu caranya? Simak artikel berikut ini.

1. Matikan fitur Wireless

Kamera DSLR dan mirrorless saat ini kebanyakan sudah dilengkapi dengan fitur wireless seperti GPS, WiFi, Bluetooth hingga NFC. Seperti di laptop, smartphone, atau tablet, fitur ini memang cukup menguras kinerja baterai.

Jadi, pastikan fitur ini dinonaktifkan jika memang tidak digunakan. Jika kamera menyediakan modus Airplane, opsi ini bisa langsung dipilih untuk menonaktifkan semua fitur Wireless tersebut.

2. Matikan fitur Stabilisasi

Fitur yang satu ini seperti pedang bermata dua. Di satu sisi, fitur ini sangat membantu untuk memastikan hasil bidikan tetap tajam dan terhindar dari blur apalagi saat menggunakan lensa zoom panjang misalnya 70-200mm. Namun di sisi lain fitur ini menyedot baterai.

Untuk itulah kamu bisa mematikannya jika sedang memotret dengan lensa wide, zoom pendek atau lensa fix. Jika kamu sedang menggunakan lensa zoom, fitur ini bisa dimatikan dan kamu bisa memasang lensa ke tripod atau monopod agar lebih stabil.

3. Matikan fitur pembersih sensor otomatis

Pada umumnya semua pengguna kamera akan membiarkan fitur ini aktif untuk membersihkan sensor saat kamera dimatikan. Nah, cobalah sesekali untuk menonaktifkan fitur ini dan kamu bisa merasakan penggunaan baterai akan sedikit lebih hemat.

4. Matikan LCD Image-Review / Playback
Opsi yang satu ini mungkin saja yang paling jarang dilirik oleh para pengguna kamera. Namun, mengatur durasi kamera untuk menampilkan hasil foto di layar nyatanya juga bisa menghemat baterai. Jika memang tidak diperlukan opsi ini bisa dimatikan. Namun jika dibutuhkan aturlah durasinya secepat mungkin seperti misalnya 1 atau 2 detik saja cukup.

5. Turunkan tingkat gelap terang layar
Menurunkan tingkat gelap terang layar juga terbukti bisa menghemat penggunaan baterai. Anda bisa menurunkan tingkat gelap terang ke tingkat -3 atau -5.

Dengan tingkat gelap terang layar yang lebih rendah Anda mungkin akan kesulitan melihat apakah hasil foto telah diambil dengan eksposur yang tepat. Oleh karena itu, fitur Histogram akan sangat membantu saat opsi ini dipilih.

6. Matikan kamera saat tidak digunakan
Saat memotret tanpa disadari kita sering membiarkan kamera terus aktif walau tidak digunakan. Ubahlah kebiasaan tersebut dan Anda bisa menghemat penggunaan baterai. Jika di kamera telah menyediakan fitur Eco atau power saving, fitur ini tentu saja akan sangat membantu.

7. Perhatikan performa baterai, ganti baterai baru jika diperlukan
Seiring dengan penggunaan, performa baterai memang akan menurun. Sebagai pengguna Anda pun wajib memperhatikan performa baterai yang Anda gunakan sehari-hari. Jika persentase baterai sering kali drop secara tiba-tiba, mungkin sudah saatnya Anda menyisihkan sedikit dana untuk membeli baterai baru. Bahkan untuk mempermudah pengguna, kamera sekarang ini juga menyediakan fitur battery health / lifespan meter yang bisa digunakan untuk mendapatkan informasi performa baterai kamera dengan lebih mudah.