5 Perhiasan Mewah Terkutuk yang Menuntut ‘Tumbal’

Emas, permata, berlian, safir — sejumlah perhiasan punya reputasi mengerikan. Indah tapi mematikan.

Aksesoris itu konon bisa mendatangkan petaka bagi para pemiliknya, membunuh si empunya, atau setidaknya membuat mereka gila.

Namun, tak semua kisah benar adanya. Terkadang, cerita soal kutukan yang terkandung dalam sebuah perhiasan sengaja diciptakan untuk menarik pembeli.

Misalnya, mutiara La Peregrina milik Elizabeth Taylor. Perhiasaan itu diklaim turut andil terhadap kehidupan artis legendaris, yang kawin cerai hingga delapan kali.

Ada berlian yang hanya bisa dipakai oleh para Ratu hingga kematian ganjil yang diduga dipicu sejumlah perhiasan.

Berikut adalah 5 kisah aneh dan mengerikan tentang perhiasan terkutuk dalam sejarah, seperti dikutip Liputan6.com dari Bustle dan berbagai sumber pada Kamis (20/10/2016):

1. The Delhi Purple Sapphire

The Delhi Purple Sapphire, perhiasan tersebut ditemukan Peter Tandy, kurator Natural History Museum di London di sebuah kabinet penyimpanan benda-benda mineral di tempat kerjanya.

Konon, perhiasan itu ditempatkan dalam kotak berlapis, dan dilengkapi segala macam jimat. Sebuah pesan juga tertera di luar bungkusan.

“Siapa pun yang kemudian akan membukanya, sebaiknya baca peringatan ini, dan silakan lakukan apa saja pada perhiasan ini. Saranku pada dia, pria atau perempuan adalah, buang benda ini ke laut.”

2. Kutukan Hope Diamond

 Hope Diamond adalah berlian biru dengan berat lebih dari 45 karat dan diperkirakan bernilai seperempat miliar dolar (sekitar Rp 3,2 triliun).