5 Penyebab Sering Buang Air Kecil di Tengah Malam

Ilustrasi

Liputansaku.com, JakartaTerbangun tengah malam untuk buang air kecil merupakan hal yang biasa dialami, terutama bagi orang lanjut usia. Namun jika Anda terbangun hingga 2 atau 3 kali dalam satu malam, tentunya ada yang tidak beres.

Pakar mengatakan terbangun hingga lebih dari dua kali dalam satu malam untuk buang air kecil disebut sebagai nocturia. Nocturia terjadi akibat gangguan hormon vasopressin, hormon yang aktif saat kita tidur dan memperlambat produksi urine.

Lalu kira-kira, apa yang menyebabkan hormon ini terganggu? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 penyebab sering buang air kecil di tengah malam:

 

5 Penyebab Sering Buang Air Kecil di Tengah Malam 2

1. Terlalu banyak minum

Penjelasan sederhana kenapa Anda sering terbangun tengah malam untuk buang air kecil tentunya karena terlalu banyak minum mendekati waktu tidur. Selain jumlah yang diminum, apa yang Anda minum juga memengaruhi kecenderungan untuk buang air kecil.

Kopi dan alkohol misalnya, merupakan minuman yang bersifat diuretik dan membuat kencing lebih cepat keluar.

 

 

5 Penyebab Sering Buang Air Kecil di Tengah Malam 3

2. Infeksi saluran kencing

Sering terbangun tengah malam untuk kencing merupakan salah satu gejala utama infeksi saluran kencing. Selain terbangun tengah malam, sakit saat kencing, nyeri perut bawah dan demam merupakan gejala lain infeksi saluran kencing.

Jika hal ini terjadi pada Anda, segera hubungi dokter untuk mendapat pengobatan.

 

 

5 Penyebab Sering Buang Air Kecil di Tengah Malam 4

3. Gangguan ginjal dan prostat

Gangguan ginjal dapat membuat produksi air seni saat tidur bertambah, mengakibatkan Anda sering terbangun untuk kencing. Gangguan ginjal juga membuat kapasitas tampungan kandung kemih berkurang.

Pria yang mengalami pembesaran prostat biasanya juga mengalami kencing di malam hari akibat kandung kemih yang tertekan oleh prostat.

 

 

5 Penyebab Sering Buang Air Kecil di Tengah Malam 5

4. Menopause

Wanita yang sudah mengalami menopause akan mengalami penurunan produksi hormon estrogen secara drastis. Rendahnya hormon estrogen bisa membuat kerja sistem saluran kencing menjadi lebih sensitif dan mudah terganggu.

Selain itu, wanita yang sudah pernah melahirkan juga memiliki panggul yang lebih lemah, membuatnya sulit untuk menahan kencing lama-lama.

 

 

5 Penyebab Sering Buang Air Kecil di Tengah Malam 6

5. Obat-obatan

Obat-obatan, terutama bagi Anda yang mengidap penyakit jantung dan ginjal, dapat membuat frekuensi kencing meningkat. Untuk itu konsultasikan kepada dokter jika Anda mengalami hal ini setelah mendapat pengobatan.

 

 

 

 

Detik.com