5 Musuh Abadi Valentino Rossi

Valentino Rossi kini sudah berusia 37 tahun. Pembalap MotoGP dari tim Movistar Yamaha itupun sudah beberapa kali mengutarakan rencana pensiun.

Yang terbaru, Rossi mengaku ingin pensiun di akhir musim 2018. Menurut pembalap asal Italia ini, sangat tidak mungkin untuk tetap membalap ketika usianya menginjak 40 tahun.

“Saat itu (usia saya 39 tahun). Mungkin agak sedikit memalukan (bagi saya) untuk terus melanjutkan balapan (di lintasan) setelah usia 40 tahun,” kata Rossi.

Buat para pecinta MotoGP, nama Rossi sudah melekat sebagai ikon MotoGP. Ini tak terlepas dari torehan prestasi yang telah diukir pembalap kelahiran 16 Februari 1979 tersebut.

Sejak main di kelas MotoGP pada tahun 2000,  Rossi telah menjadi juara dunia sebanyak 7 kali. Prestasi tersebut membuatnya masuk ke dalam deretan pembalap tersukses di MotoGP.

Bukan hanya soal prestasi, rivalitas dengan para pembalap lain di MotoGP turut melambungkan nama Rossi. Ya, panasnya sirkuit dan persaingan di MotoGP membuat Rossi pastinya punya rival.

Berikut lima pembalap yang jadi rival Rossi sepanjang kariernya di MotoGP

1. Max Biaggi

1. Max Biaggi

Jauh sebelum bersaing sengit dengan Marc Marquez,  Rossi  lebih dulu berseteru dengan Max Biaggi. Perseteruan mereka mulai mengemuka usai MotoGP Suzuka pada musim 2001.

Dalam balapan tersebut, Biaggi tertangkap kamera sengaja menyenggol Rossi hingga ia sempat keluar lintasan.  Ketika itu, Biaggi memperkuat Yamaha sedangkan Rossi berada di Honda.

Namun salah satu yang dikenang pecinta MotoGP adalah insiden di Catalunya pada musim yang sama. Rossi diduga memukul Max Biaggi sebelum upacara penyerahan trofi.

“Rossi mendaratkan pukulan ke muka Biaggi sebelum mereka dipisahkan,” kata saksi mata yang melihat kejadian tersebut seperti dilaporkan Telegraph.

2. Sete Gibernau

2. Sete Gibernau

Selepas berseteru dengan Max Biaggi, Rossi mendapat rival baru yaitu Sete Gibernau. Perseteruan keduanya dimulai di era 2004 awal saat Rossi pindah ke Yamaha dan Gibernau memperkuat Honda.

Semula, Rossi dianggap bakal melempem usai pindah ke Yamaha. Maklum, motor YZR M1 milik tim garpu tala itu boleh dibilang kalah bersaing dengan motor RC211v yang dikendarai Gibernau.

Namun Rossi akhirnya membalikkan prediksi tersebut. Di bawah kendalinya, YZR M1 melesat tak terbendung. Pada balapan di Jerez, Spanyol awal musim 2005 YZR M1 mendapat perlawanan sengit dari Gibernau dengan RC211 v nya.

Kedua pembalap saling salip menyalip. Pada tikungan terakhir, Rossi dan Gibernau saling berbenturan. Gibernau kemudian keluar lintasan sementara Rossi keluar sebagai juara.

3. Casey Stoner

3. Casey Stoner

Dominasi Rossi di MotoGP kemudian mendapat gangguan dari Casey Stoner di musim 2007. Stoner yang membela Ducati merusak dominasi Rossi  dengan keluar sebagai juara dunia di musim tersebut.

Namun yang paling diingat dari rivalitas keduanya adalah balapan di Laguna Seca, Amerika Serikat di musim 2008. Saling salip antar keduanya berakhir dengan keberhasilan Rossi menjadi juara.

Stoner kembali  merusak dominasi Rossi di musim 2011. Kali ini, Stoner yang bergabung dengan Repsol Honda tampil dominan untuk kemudian keluar sebagai juara dunia.

4. Jorge Lorenzo

4. Jorge Lorenzo 

Rival Rossi seakan tak pernah habis. Di tiap musim, selalu ada pembalap yang muncul untuk merusak kemapanan The Doctor.

Jorge Lorenzo adalah salah satu pembalap tersebut. Yang unik dari Lorenzo, ia sebetulnya adalah rekan Rossi di Movistar Yamaha.

Rivalitas antara kedua pembalap ini memanas di musim 2015. Rossi harus rela kehilangan gelar juara dunia yang jatuh ke tangan Lorenzo.

Keberhasilan Lorenzo menjadi juara dunia kemudian dituduh Rossi tak lepas dari bantuan Marc Marquez. Hal ini kemudian dibantah oleh Marquez dan Lorenzo.

Untuk musim 2017, Lorenzo pindah ke Ducati. Pembalap asal Spanyol itu berharap, hubungannya dengan Rossi bisa lebih cair.

“Ketegangan dengan rekan setim (Valentino) atau pembalap lain adalah normal bagi setiap orang. Ketika Anda menjalani balapan untuk tim yang berbeda, maka masalah ketegangan akan jauh lebih rendah. Hal yang sama terjadi ketika Valentino pergi ke Ducati,” kata Lorenzo.

5. Marc Marquez

5. Marc Marquez

Marc Marquez datang menjadi rival Rossi di saat yang hampir bersamaan dengan Lorenzo. Alhasil, Rossi pun kini punya dua rival sekaligus.

Marquez tergolong punya kemiripan dengan Rossi. Ya, pembalap dari tim Repsol Honda itu langsung jadi buah bibir ketika berhasil jadi juara dunia di musim pertamanya di MotoGP.

Lebih lanjut, Marquez jugalah salah satu pembalap yang memantik emosi Rossi di musim lalu. Pembalap berjuluk Baby Alien ini dituduh Rossi membantu Lorenzo untuk jadi juara dunia.

Insiden di Sepang, Malaysia menjadi puncak perseteruan kedua pembalap. Rossi dinilai sengaja menendang Marquez sehingga pembalap Repsol Honda terjatuh.

Kendati demikian, hubungan keduanya perlahan berangsur membaik.

Sumber : liputan6